6 Manfaat Air Demineral, Mengurangi Risiko Penyakit Lho!

Demineralisasi merupakan proses menghilangkan hampir semua garam dan mineral yang terlarut dalam air. Hal itu tentu dibutuhkan untuk berbagai hal. Namun, hingga kini belum banyak yang tahu apa manfaat air demineral.

Air demineral biasanya dibuat dengan teknologi yang bisa melakukan pertukaran ion atau filtrasi membran yang bisa menghasilkan air hampir tanpa kandungan mineral. Jumlah zat padatan terlarut di dalamnya pun bisa mencapai di bawah 10 mg/l.

Hasilnya, kontaminan organik seperti virus dan bakteri pun akan hilang menggunakan proses reverse osmosis maupun yang lainnya. Lalu, apa saja manfaat dari air demineral ini? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Konsumsi Sehari-Hari

https://unsplash.com/photos/ayGdCbHTzpg

Pertama, manfaat air demineral adalah untuk mencukupi konsumsi cairan tubuh sehari-hari. Alih-alih mengonsumsi air mineral, air demineral  bisa mengurangi berbagai risiko penyakit. Sebab, proses filtrasi yang terjadi bisa membunuh zat padatan terlarut dan juga kuman dan bakteri. Masuknya senyawa yang membahayakan tubuh dari kandungan mineral air pun bisa dihindari. 

2. Laboratorium

https://unsplash.com/photos/9vnACvX2748

Selain menjadi cairan yang penting untuk tubuh, air demineral juga menjadi zat yang penting di setiap laboratorium. Manfaat air demineral adalah sebagai pelarut dan mengencerkan konsentrasi bahan kimia. Selain itu, air demineral juga berguna untuk membersihkan peralatan serta wadah yang telah terpakai. 

Berbeda dengan air biasa, air demineral dipilih karena bisa memastikan data yang diperoleh tepat dan tidak meninggalkan residu yang tidak diinginkan. Jika menggunakan air biasa, residu di dalamnya bisa membuat penelitian tidak berguna

3. Industri Otomotif

https://unsplash.com/photos/c-KDq7nxVdQ

Kandungan kalsium dalam air biasa sering menjadi masalah dalam industri automotif. Hal itu bisa menyebabkan tingkat penumpukan yang menimbulkan korosi. Maka dari itu, air demineralisasi bisa digunakan untuk mencegah terjadinya korosi. 

Jenis air ini sering digunakan untuk mesin turbin gas dan sistem pendingin mobil atau pesawat terbang. Namun, air demineral tidak bisa digunakan untuk semua logam karena bisa memberikan efek negatif pada jenis tertentu. 

4. Makanan dan Minuman

https://unsplash.com/photos/E6HjQaB7UEA

Selain membersihkan wadah di laboratorium, air demineral juga sering dipakai untuk membersihkan wadah dan peralatan makan. Air yang sudah difiltrasi ini juga dipakai untuk mengolah makanan tertentu agar tidak mengandung bakteri dan virus di dalamnya. Itulah mengapa dalam produksi makanan dan minuman memerlukan air yang murni karena kualitas yang harus terjaga. 

5. Farmasi dan Kosmetik

https://unsplash.com/photos/747NDboAWNY

Bukan hanya untuk industri makanan dan minuman saja, manfaat air demineral juga bisa dirasakan pada industri farmasi dan kosmetik. Sebab, air yang telah mengalami proses deionisasi atau penyulingan bisa membuat produk lebih terjaga kualitasnya.Air demineral ini juga banyak dipakai sebagai bahan baku maupun bahan pelarut dalam formulasi produk farmasi. 

6. Elektronik

https://unsplash.com/photos/zP7X_B86xOg

Terakhir dalam industri elektronik, manfaat air demineral adalah untuk mencuci circuit boards yang sangat penting. Apabila dicuci menggunakan air biasa, alat elektronik tersebut bisa terkena korosi dan membuatnya tidak tahan lama. 

Maka dari itu, jenis air yang dipakai untuk mencuci circuit boards adalah air demineralisasi. Sebab, di dalam air biasa terdapat ion yang bisa meninggalkan residu garam saat menguap. Hal itu jika bereaksi dengan udara akan menyebabkan korosi.

Tak sampai di situ saja, masih banyak manfaat air demineralisasi untuk kehidupan. Hal itu menunjukkan bahwa air demineral sangat penting bukan hanya untuk konsumsi manusia, tetapi juga untuk proses industri. 

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel