7 Manfaat Kafein untuk Tubuh, Bukan Hanya Obat Anti Kantuk

Sudah tahukah kamu? Manfaat kafein itu cukup banyak lho untuk tubuh. Sejak senyawa ini ditemukan pada tahun 1819 oleh kimiawan Jerman, Friedrich Ferdinand Runge, banyak peneliti yang mengkaji dan meneliti khasiatnya.

Dalam artikel ini, kami akan menyajikan sejumlah fakta mengenai potensi yang terdapat dalam kafein. Meski memang diakui senyawa bersifat stimulan ini punya efek samping, tapi kali ini kita fokus pada manfaatnya saja ya! 

Jadi, apa saja manfaatnya? Mari kita bahas satu per-satu manfaat kafein untuk kesehatan!

1. Meningkatkan Energi Tubuh

Senyawa kafein yang terdapat dalam kopi, kerap banyak orang gunakan sebagai teman begadang karena bisa menghilangkan kantuk. Benarkah?

Hal tersebut benar. Namun yang lebih tepat, kafein adalah stimulan yang secara lebih komprehensif bekerja meningkatkan energi dan melawan kelelahan yang kamu alami. Dalam penelitian yang dipublikasikan Pubmed pada 2017, terdapat fakta bahwa kafein dapat mengurangi tingkat kelelahan para pesepeda hingga 12%. 

Jadi, sebenarnya manfaat kafein untuk tubuh bukan hanya cocok untuk melawan kantuk, namun juga cocok untuk menjadi booster ketika kamu merasa dalam keadaan lelah. 

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Ada sejumlah penyakit yang cukup berbahaya yang bisa menyerang sistem saraf manusia, seperti parkinson dan alzheimer. Dari tahun ke tahun, pengidapnya semakin banyak. 

Sebagai bentuk penjagaan diri, kamu dapat mengonsumsi kafein untuk mencegahnya. Manfaat kafein untuk otak sudah banyak yang membuktikan.

Dalam studi  yang Sciencedirect publikasikan, terungkap bahwa dari 29.000 orang objek riset, mereka yang rutin minum kopi, memiliki resiko alzheimer lebih rendah. Studi lain yang membuktikan hubungan kafein dengan penyakit parkinson juga membuktikan hal demikian.

Bahkan, kopi juga dalam efek yang lebih ringan dapat mencegah turunnya fungsi kognitif yang terdapat dalam otak manusia. Menarik bukan?

3. Menurunkan Resiko Depresi

Depresi menjadi masalah bagi sebagian orang. Dalam taraf tertentu, depresi bahkan bisa menyebabkan masalah yang lebih serius seperti bunuh diri. Maka, melakukan upaya pencegahan terhadapnya adalah penting.

Hal menariknya, kafein dapat mendukung kamu memerangi depresi. Dalam riset yang terdapat dalam MDPI Journal, konsumsi kopi yang mengandung kafein berhubungan dengan masalah depresi. 

Studi tersebut lakukan perbandingan antara orang yang minum 4 cangkir kopi per-hari dengan yang meminum kurang dari secangkir kopi per-hari. Hasilnya, yang minum 4 cangkir kopi memiliki resiko depresi yang jauh lebih rendah.

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit kronis yang bisa datang kapan saja dan terhadap siapa saja. Namun, kamu dapat melakukan sejumlah upaya preventif untuk membuatnya tak menghampirimu secara tiba-tiba.

Mengonsumsi kafein, ternyata berhubungan juga dengan tingkat kesehatan jantung. Studi yang dilakukan terhadap 21.000 orang mengungkap fakta, bahwa mereka yang rutin minum kopi secara signifikan mempunyai resiko gagal jantung yang rendah. Bahkan, studi lain menyebut bahwa kopi juga menurunkan resiko penyakit stroke.

5. Menjaga Kesehatan Hati

Penyakit hati (liver) menjadi momok yang tak kalah menakutkan bagi sebagian orang. Untuk menjaga hati tetap sehat, kafein bisa kamu jadikan alat bantunya.

Sebagaimana yang kami kutip dari John Hopkins Medicine, kafein sebagaimana yang terdapat dalam kopi bisa membuat kadar enzim hati pada peminumnya lebih sehat. Secara umum hati mereka lebih sehat ketimbang yang tidak secara rutin mengonsumsi kafein. 

Jadi, jika kamu peduli dengan kesehatan hati, kafein bisa menjadi salah satu solusi.

6. Meningkatkan Kinerja Tubuh saat Berolahraga

Bagi yang suka berolahraga, ternyata kopi juga bisa membantu kinerja tubuh lebih optimal lho! Terutama, berhubungan dengan daya tahan selama berolahraga yang meningkat.

Manfaat kafein untuk olahraga sudah mendapatkan pengakuan dari Badan Keamanan Makanan Eropa atau The European Food Safety Agency (EFSA). Jadi, kafein dapat membuat kinerja serta kapasitas daya tahan selama berolahraga menjadi lebih baik. Bahkan, berefek juga pada kadar pengurangan tenaga.

Tidak heran jika sebagian atlet menjadikan kafein dan termasuk kopi sebagai teman mereka saat melakukan latihan. Mengingat, khasiatnya sudah ada yang membuktikan.

7. Memperpanjang Usia

Masalah ajal memang ada di tangan yang maha kuasa. Fakta ini tidak bisa ada yang menggugatnya. Hanya saja, tak ada salahnya untuk melakukan berbagai upaya yang diklaim mampu memperpanjang usia, seperti mengonsumsi kafein.

Pengujian yang terdapat dalam sebuah jurnal yang terdapat dalam International Journal of Molecular Sciences, mencoba efek kopi pada ragi. Hasil risetnya, kopi ternyata mampu memperpanjang usia ragi karena bisa melawan radikal bebas serta kerusakan DNA.

Tentu saja, ini juga mungkin berpengaruh terhadap manusia. Bahkan, ada juga sejumlah penelitian lain yang menguji pengaruhnya terhadap manusia meski masih perlu pembuktian. 

Demikianlah faktanya. Bagaimana, banyak bukan khasiat kafein? Silakan kamu coba khasiatnya satu per-satu dengan mulai mengonsumsi kafein seperti yang terdapat dalam kopi. 

Namun karena senyawa ini memiliki resiko efek samping, sebaiknya kamu tetap mengontrol konsumsinya. Jika berlebih, bukan tak mungkin yang kamu dapatkan bukan manfaat kafein, melainkan bahaya kafein. Oke?

Jangan lupa juga untuk tetap mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari. Anda bisa meminum air murni Cleo yang bersumber dari mata air berkualitas. Selamat hidup sehat! 

logo-tanobel-white-w500
PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2022 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel