7 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur untuk Kesehatan

Kalau kamu sudah tahu manfaat minum air hangat sebelum tidur, kamu pasti tak akan melewatkan kegiatan ini. Meskipun terkesan sederhana, tapi dampak yang berpotensi kamu dapatkan luar biasa. Baik untuk dalam rangka menjaga tubuh tetap sehat, maupun sebagai bentuk pengobatan atas penyakit tertentu.

Apalagi, kini membuat air hangat semakin mudah. Terdapat banyak teknologi yang dapat membantu kamu menyiapkannya dalam hitungan menit bahkan detik. Persoalannya hanya satu: kamu perlu mendorong diri membiasakan kebiasaan baik ini.

Sekarang, mari kita bahas dulu apa saja manfaatnya! Selanjutnya, kamu bisa buktikan sendiri kebenarannya!

1. Membersihkan Tubuh dari Racun

Seharian beraktivitas, pasti ada banyak sekali zat, cairan, dan berbagai hal lain yang masuk ke dalam tubuhmu. Baik dari makanan, minuman, udara, dan lainnya. Tidak menutup kemungkinan bahwa sebagian yang masuk itu adalah racun yang berpotensi memicu penyakit tertentu.

Mengonsumsi air hangat sebelum tidur, dapat membantu kamu membuang aneka racun tersebut. Ketika meminumnya, tubuh biasanya akan terdorong memproduksi keringat. Saat ini terjadi, artinya tubuh juga sedang berproses mengeluarkan racun atau kelebihan garam.

2. Membuat Sirkulasi Darah Lancar

Tahukah kamu, ada cukup banyak penyakit yang berpotensi kamu alami jika sirkulasi darah dalam tubuh tidak lancar atau terhambat? Mulai dari penyakit kardiovaskuler (jantung), diabetes, tekanan darah tinggi, varises, sampai obesitas. 

Kalau kamu tidak ingin mengalaminya, secara rutin mengonsumsi air hangat sebelum datang ke tepi kasur dapat menjadi solusi. Terdapat manfaat minum air hangat untuk jantung dan lainnya yang dapat kamu rasakan.

Sebagaimana kami kutip dari Medical News Today, air panas merupakan vasodilator yang dapat memperluas pembuluh darah serta meningkatkan sirkulasi darah. Jadi, ia punya potensi untuk mencegah berbagai penyakit yang kami  sebutkan di atas.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Adakah sebagian dari kamu yang sedang berusaha untuk membuat berat badan lebih rendah? Apakah kamu sudah mencoba untuk memasukkan air hangat sebagai salah satu bagian dari program diet yang kamu lakukan? Kalau belum, kamu patut mencobanya.

Manfaat minum air hangat sebelum tidur untuk diet didukung oleh berbagai penelitian.

Misalnya dalam sebuah penelitian yang terbit pada tahun 2003, terungkap fakta bahwa peralihan konsumsi jenis minuman dari dingin ke panas membantu diet. Fungsi dari air hangat atau panas adalah meningkatkan proses pengolahan kalori menjadi energi dalam tubuh. Bahkan, level peningkatannya hingga 30%.

Selain itu, secara umum minum air putih juga dapat memberi efek kenyang pada tubuh, sehingga menahan tubuh untuk terlalu banyak makan atau ngemil.

4. Membangun  Suasana Hati yang Baik

Kamu orang yang sering bad mood? Ketika hari-hari yang kamu lalui lebih sering kamu lewati dengan galau, gelisah, sedih, dan sejenisnya, mungkin kamu kurang minum.

Pada tahun 2014, sebuah jurnal yang terbit di Plos One mengungkap bahwa kekurangan air dapat memicu pengaruh negatif terhadap tubuhmu. Studi ini membandingkan tingkat emosi dan ketenangan orang-orang yang sebelumnya kurang minum menjadi banyak minum, lalu melihat peningkatannya.

Poin ini juga berhubungan dengan manfaat minum air hangat sebelum tidur untuk wanita. Biasanya, efeknya akan semakin terasa saat kamu sedang melalui fase menstruasi.

5. Mengurangi Gejala Flu dan Batuk 

Memasuki malam hari, biasanya kamu yang terkena penyakit flu atau batuk akan mengalami ketidaknyamanan. Pada waktu tersebut, gejala yang muncul kerap kali ada pada fase menjadi-jadi.

Kamu juga sebenarnya bisa mengurangi berbagai gejala yang muncul dengan air hangat. Efek yang mungkin kamu dapatkan adalah tenggorokan dan hidung menjadi lebih nyaman, sehingga gejalanya bisa mereda.

Untuk memberikan pengaruh yang lebih baik, kamu bisa saja menambahkan perasan lemon dalam air hangat. Manfaat minum air lemon hangat sebelum tidur untuk flu dan batuk datang dari kandungan vitamin C di dalamnya bisa memberi manfaat berlipat.

6. Membuat Pencernaan Tetap Sehat

Saat seseorang kurang minum air, ia akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini sebenarnya berpotensi membuat seseorang mengalami kesulitan dalam buang air besar, termasuk juga wasir serta perut kembung. Menariknya, air hangat dapat membantu problem ini. 

Selain fungsinya adalah memastikan tubuh kamu mendapatkan cukup cairan, air hangat juga lebih membantu dalam memecah makanan lebih cepat ketimbang air dingin. Secara medis, ini dapat mengurangi sembelit dan membuat siklus buang air besar lebih teratur.

7. Mengurangi Rasa Sakit

Satu hal lagi, air hangat juga dapat membantu meredakan rasa sakit yang kamu alam, khususnya pada bagian otot yang mengalami cedera. Hal ini sebagai efek dari air hangat yang meningkatkan sirkulasi serta aliran darah ke berbagai bagian dalam tubuh. Maka, ini bisa menjadi obat alami yang bekerja dari dalam tubuh.

Hanya saja, manfaat minum air hangat sebelum tidur sebaiknya tidak kamu biarkan berdiri sendiri. Kenyataannya, kebutuhan minum itu secara umum bukan hanya menjelang tidur, melainkan sepanjang hari. Dari bangun hingga tidur lagi, sekurang-kurangnya kampu perlu minum delapan gelas air putih.

Jadi, yuk hidup lebih sehat dengan cukup minum air putih sepanjang hari dengan kemurnian dari Cleo yang sudah diproses oleh nano filter sehingga menghasilkan air yang 20x lebih murni dari air minum biasanya, jadi saat diminum terasa lebih ringan di tubuh, loh! 

logo-tanobel-white-w500
PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2022 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel