8 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Mengendarai sepeda adalah salah satu contoh aktivitas ringan yang baik agar tubuh tetap aktif bergerak. Apa lagi manfaat bersepeda untuk kesehatan tak hanya terkait dengan kondisi tubuh saja, melainkan kesehatan mental juga. 

Olahraga ini bisa dilakukan oleh semua kalangan dan usia. Menyenangkan, murah, dan ramah lingkungan. Anda bisa menjadwalkan aktivitas ini selama 2 hingga 4 jam dalam seminggu untuk menjaga kesehatan. Lalu secara spesifik, apa manfaat bersepeda?

  1. Membantu Mengurangi Berat Badan

Salah satu manfaat bersepeda untuk diet adalah membantu mengurangi berat badan. Dengan menggabungkan diet dalam pola makan dan bersepeda, Anda bisa menjadi paket kombo untuk weight loss dan fat loss. Nilai plusnya, Anda bisa menyesuaikan waktu bersepeda kapan pun dan di mana pun.

Salah satu studi menunjukkan bahwa perempuan tua yang menderita diabetes bisa menurunkan kadar lemak jahat (visceral) dengan berolahraga dan diet. Studi lain memperlihatkan bahwa olahraga aerobik seperti bersepeda juga bisa membantu menurunkan kadar lemak ini.

Secara umum, kegiatan bersepeda bisa meningkatkan metabolisme tubuh, membentuk otot, dan membakar lemak. Bersepeda dengan ritme stabil bisa membakar hingga 300 kalori per jamnya. 

  1. Memberikan Efek Positif untuk Memulai Hari

Hari yang gloomy mungkin bisa Anda hindari dengan bersepeda di pagi hari. 

Memulai hari dengan bersepeda di luar rumah akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, menambah asupan oksigen, hingga memunculkan rasa puas. 

Kegiatan ini juga memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang sehat dan positif ke depannya. Kapan lagi Anda bisa menghindari hari yang buruk sekaligus membakar kalori, kan?

  1. Meningkatkan Keseimbangan, Koordinasi, dan Postur Tubuh

Ketika naik sepeda, Anda perlu keseimbangan yang baik agar tidak terjatuh, Saat menstabilkan tubuh dan sepeda secara bersamaan bisa meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan postur tubuh.

Keseimbangan cenderung bertolak belakang dengan usia dan ketidakaktifan tubuh. Jadi, penting bagi Anda untuk tetap aktif bersepeda seiring bertambahnya usia.

Meningkatkan keseimbangan juga bermanfaat untuk mencegah patah tulang dan mengurangi risiko cedera.

  1. Menguatkan Kaki

Bersepeda membuat tubuh bagian bawah aktif bergerak sehingga secara umum bisa meningkatkan fungsinya keseluruhan. Selain itu, manfaat bersepeda 30 menit juga bisa menguatkan otot kaki tanpa membuat stres persendian.

Untuk membuat kaki Anda lebih kuat, Anda juga bisa mengombinasikan kegiatan bersepeda dengan olahraga angkat beban.

Tidak perlu beban yang terlalu berat, Anda bisa mencoba squat, leg press, hingga lunge beberapa kali dalam seminggu.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular termasuk serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Bersepeda secara teratur bisa menstimulasi dan meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Kegiatan ini juga menguatkan otot jantung, menurunkan denyut nadi istirahat, hingga mengurangi kadar lemak dalam darah. 

Salah satu studi dari Denmark menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur bisa melindungi orang dari penyakit jantung. Studi ini dilakukan lebih dari 14 tahun dengan peserta 30.000 orang (usia 20-93 tahun).

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kegiatan bersepeda juga baik untuk kesehatan jantung. 

Salah satu studi menunjukkan bahwa orang yang aktif setiap harinya bisa memiliki risiko tekanan darah tinggi lebih besar. Studi ini dilakukan selama 5 tahun dengan total 1.500 peserta.

Jika saat ini Anda mengonsumsi obat-obatan, maka tetap lanjutkan. Namun, tambah jadwal untuk bersepeda dengan persetujuan dokter.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Kesehatan mental menjadi isu hangat dalam beberapa tahun belakangan ini. Masyarakat semakin terbuka dengan masalah ini. Ada banyak jenis kesehatan mental yang mungkin Anda alami. Sebut saja depresi, stres, cemas, dan lain sebagainya.

Kabar baiknya, masalah kesehatan mental di atas bisa berkurang dengan bersepeda secara rutin. Saat bersepeda di luar ruangan, Anda akan berdampingan dengan alam dan lingkungan.

Suasana yang nyaman, udara sejuk, dan lingkungan yang menyenangkan bisa meningkatkan mood. Saat bersepeda, tubuh mengeluarkan hormon endorfin sehingga suasana hati lebih positif. Anda mungkin akan merasa lebih percaya diri dan bahagia setelah bersepeda secara rutin.

  1. Mengatasi Insomnia

Beberapa orang mengalami kesulitan untuk tidur. Efeknya, aktivitas harian bisa terganggu dan Anda tidak produktif. Salah satu manfaat bersepeda bagi wanita dan pria adalah membantu mengatasi gangguan tidur ini. 

Idealnya, Anda bisa bersepeda selama 30 menit dalam 3 hingga 4 kali seminggu. Ini akan membantu waktu tidur datang lebih cepat.

Aktivitas bersepeda di pagi hari juga bisa membantu menormalkan jam biologis lho. Hormon kortisol yang memicu insomnia juga akan menurun dengan aktivitas ini.

Mengendarai sepeda di luar rumah tentunya membuat tubuh kekurangan cairan. Untuk itu, Anda perlu membawa bekal air minum agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Air mineral Cleo bisa jadi pilihan terbaik karena mengandung berbagai mineral baik untuk tubuh. Selain itu sumber mata airnya berkualitas dan juga mengandung kadar oksigen hingga 8 mg/L-nya. 

Yuk, optimalkan manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh dan mental dengan asupan air mineral berkualitas dari Cleo.

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel