8 Manfaat Olahraga Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda untuk melakukan olahraga. Ada yang suka olahraga pagi, sore, bahkan malam. Pilih sesi workout yang memang sesuai dengan gaya dan rutinitas Anda. Pastikan saja, sesi yang dipilih bisa mendorong Anda untuk berolahraga dengan konsisten.

Berikut 7 manfaat olahraga pagi untuk kecantikan dan kesehatan tubuh secara umum:

  1. Meningkatkan Kewaspadaan

Olahraga pagi mungkin menjadi hal yang baik bagi fluktuasi hormon tubuh. Salah satunya adalah hormon kortisol. 

Hormon yang satu ini juga biasa dikenal sebagai hormon stres, yang memiliki tugas untuk membuat Anda terjaga dan waspada. Kadar hormon kortisol dalam tubuh yang terlalu banyak atau sedikitlah yang menimbulkan stres.

Anda tidak akan menemukan ini dalam manfaat olahraga sore, sebab kortisol meningkat di pagi hari dan menurun di sore harinya. Puncak peningkatannya ada jam 8 pagi. Jadi, bangun lebih awal dan olahraga pagi akan membantu hormon ini meningkat dan kewaspadaan akan naik juga. 

  1. Tubuh Memiliki Fokus Lebih Baik

Anda mungkin selama ini sudah merasa puas dengan manfaat olahraga malam. Namun, beberapa orang mengalami kesulitan untuk fokus saat beraktivitas sepanjang hari sehingga berdampak pada produktivitas.

Ini mungkin terkait dengan opsi sesi workout malam hari.

Menurut British Journal of Sports Medicine, olahraga pagi bisa meningkatkan fokus, konsentrasi, perhatian, pembelajaran visual, dan saat membuat keputusan.

  1. Mood Lebih Baik

Masih terkait dengan stres, aktivitas fisik seperti olahraga pagi bisa jadi obat alami untuk stres. 

Saat tubuh berolahraga maka otak akan menghasilkan hormon endorfin lebih banyak. Hasilnya, perasaan dan mood menjadi lebih baik. Tak hanya itu, keberadaan endorfin juga bisa menjadi distraksi dari pikiran cemas. 

Lakukan olahraga ringan di pagi hari untuk memulai hari dengan lebih baik. Anda akan merasa lebih positif menghadapi hari.

  1. Bagus untuk Menurunkan Berat Badan

Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan?

Salah satu manfaat olahraga pagi jam 5 pagi adalah membantu weight-loss. Salah satu studi menunjukkan bahwa lemak yang terbakar saat berolahraga pagi paling tinggi dibandingkan sesi lainnya. 

Selain itu, saat Anda olahraga pagi maka otak lebih fokus dan Anda bisa memilih makanan yang lebih sehat untuk sarapan. Tidak akan ada pilihan seperti junk food dan makanan tidak sehat karena tubuh fokus dan otak bisa membuat keputusan lebih baik.

  1. Mengontrol Nafsu Makan

Secara umum, olahraga bisa membantu mengontrol nafsu makan. Mekanismenya, olahraga bisa membuat kadar hormon ghrelin dalam tubuh menurun. 

Ghrelin sendiri adalah hormon lapar. Selain itu, olahraga juga meningkatkan hormon untuk merasa kenyang lebih lama, contohnya peptide yy dan glukagon seperti peptide-1.

Menurut penelitian, olahraga pagi juga bisa meningkatkan cara otak merespon visual makanan. Jadi, Anda tidak akan mudah tergoda untuk makan berlebihan.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Anda sulit tidur di malam hari? Atau mungkin Anda sudah tidur lama namun rasanya tubuh tetap capek? Ini bisa jadi terkait dengan kualitas tidur. Anda bisa mendapatkan tidur lebih baik dengan olahraga pagi. 

Dalam salah satu studi di tahun 2014, peserta menghabiskan waktu lebih banyak dalam deep sleep dan mengalami mimpi buruk lebih sedikit karena olahraga pagi. Para peserta juga butuh waktu lebih sedikit untuk tertidur. 

Secara umum. saat tubuh mendapat paparan cahaya lebih awal maka bisa membantu meningkatkan kadar melatonin di malam hari. Selain itu, bangun dan olahraga pagi juga membantu ritme sirkadian tubuh Anda. Ini adalah siklus alami bagi tubuh untuk bangun dan tidur.

  1. Bisa Bantu Olahraga jadi Kebiasaan

Menjadikan olahraga sebagai habit tidaklah mudah. Apalagi jika Anda tipikal orang yang jadwalnya tidak beraturan. 

Untuk memulai habit baru, maka Anda bisa mengombinasikannya dengan habit lama. Misalkan minum kopi dan sikat gigi di pagi hari.

Menyisipkan olahraga di pagi hari juga lebih mudah karena berbagai aktivitas harian wajib juga Anda lakukan di awal hari.

  1. Jaga Kestabilan Tekanan Darah

Dalam sebuah penelitian, muncul indikasi bahwa perubahan tekanan darah lebih optimal setelah olahraga pagi dibandingkan malam hari. 

Olahraga pagi bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Aktivitas ini juga baik untuk kesehatan jantung secara umum. Sirkulasi darah dalam tubuh lebih lancar sehingga tekanan darah normal.

Meski tak ada aturan pasti mengenai jenis olahraga di pagi hari, Anda bisa mengombinasikan rutinitas morning workouts dengan jalan pagi lho.

Enaknya Makan Dulu atau Tidak?

Ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan sebelum berolahraga. Makan dulu, ataupun skip makan. 

Meskipun Anda juga bisa mendapat manfaat olahraga pagi sebelum makan, namun penting untuk menstabilkan gula darah sebelum workout. Gula darah yang tidak stabil bisa membuat tubuh kesulitan menyelesaikan sesi olahraga nanti.

Lalu makanan apa yang ideal Anda konsumsi sebelum olahraga?

Pilih yang ringan namun bisa menambah tenaga. Misalkan pisang dan selai kacang atau oatmeal dengan susu almond. Baru setelah berolahraga, Anda bisa memberi asupan protein dan karbohidrat kompleks bagi tubuh.

Jangan lupa konsumsi air mineral untuk asupan cairan harian tubuh ya. Anda bisa mengonsumsi air mineral Cleo setelah bangun tidur, sebelum-sesudah workout hingga sepanjang hari untuk memenuhi kebutuhan. 

Air mineral Cleo dikemas dengan standar global yang aman dan higienis. Optimalkan manfaat olahraga pagi Anda dengan air mineral Cleo yang berasal dari sumber mata air berkualitas.

logo-tanobel-white-w500
PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2022 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel