Apa Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari? Ini 11 Manfaatnya!

Banyak orang telah paham bahwa minum air putih merupakan hal yang wajib dilakukan tiap hari agar tubuh tidak dehidrasi. Nah, salah satu jadwal yang direkomendasikan para ahli untuk minum air putih yakni ketika pagi hari. Memangnya, apa manfaat minum air putih di pagi hari?

Tak cuma supaya menghindarkan tubuh dari dehidrasi, ternyata ada segudang manfaat lain dari asupan air putih yang cukup di pagi hari. Simak informasi seputar apa manfaat minum air putih banyak pada pagi hari di bawah ini!

11 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Menurut USGS[1], terdapat sekitar 60% air dalam tubuh manusia, dengan persentase bervariasi tergantung usia, jenis kelamin, dan level hidrasi seseorang. Makanya, manusia membutuhkan asupan air yang cukup supaya tubuh bisa bekerja normal.

Namun, tubuh manusia secara natural akan kehilangan air setiap harinya melalui proses ekskresi. Salah satunya ketika tidur. Tubuh kehilangan cairan hingga 1 liter saat tidur di malam hari[2]. Keadaan ini membuat tubuh rentan untuk alami dehidrasi tiap bangun tidur di pagi hari. 

Makanya, pagi hari dikenal sebagai salah satu jadwal minum air putih yang baik untuk mengatasi dehidrasi. Namun, apakah manfaat minum air putih hanya supaya mengatasi dehidrasi saja? 

Simak sederet manfaat lainnya dari minum air putih pada pagi hari berikut ini!

  1. Meningkatkan Energi

Melansir Life Source[3], air putih bisa meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh manusia sekaligus meningkatkan kadar oksigen yang diterima otak. Kadar oksigen yang cukup pada otak dapat membuat kadar energi meningkat.

Mengawali pagi dengan asupan air putih—bukannya teh atau kopi—juga dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung. Jadi, minum air putih di pagi hari amat disarankan supaya energi dapat makin meningkat.

  1. Menstimulasi Metabolisme

Minum air putih dapat melancarkan proses metabolisme tubuh. Melansir Dr. William Li[4], air putih dingin mampu memicu tubuh untuk mengaktifkan mekanisme cold-activated thermogenesis. 

Cara kerja mekanisme ini yaitu tubuh menghangatkan suhu air dengan mengaktifkan metabolisme hingga 30% selama sekitar 1 jam lamanya. Jadi, dengan minum air putih tiap pagi, metabolisme tubuhmu akan lebih cepat terpicu.

  1. Meningkatkan Fokus

Dr. Casey Kelley melalui Real Simple[5] menuturkan bahwa ketika sedang dehidrasi, risiko adanya kabut otak dan sakit kepala akan makin meningkat. Jika hal ini tak segera kamu atasi, kamu bisa memulai pagi dengan gagal fokus yang berkelanjutan sampai seharian.

Oleh sebab itu, awali pagimu dengan minum air putih supaya terhindar dari dehidrasi. Apabila tubuh telah terhidrasi dengan baik, kemampuan fokusmu sepanjang hari itu pun akan makin tajam.

  1. Melancarkan Pencernaan

Ternyata, asupan air putih yang cukup juga dapat membantu melancarkan pencernaan, lho. Salah satu contohnya adalah ketika kamu mengidap konstipasi, efek samping umum dari dehidrasi.

Jadi, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup tiap pagi supaya pencernaan lebih lancar. Nah, kamu bisa minum air dingin maupun hangat. Namun, manfaat minum air putih hangat terbukti memiliki potensi untuk membantu tubuh mencerna makanan lebih cepat daripada air dingin. 

  1. Meringankan Sakit dan Nyeri

Life Source[6] menyatakan bahwa air putih bisa membantu tubuh untuk melumasi sekaligus melindungi sendi. Tak hanya itu, asupan air putih yang cukup tiap pagi juga bisa membantu menyeimbangkan kadar cairan serta membantu meredakan sakit kepala.

  1. Menghidrasi Kulit

Untuk mendapatkan kulit yang sehat terhidrasi, kamu tak bisa hanya bergantung pada air putih saja[7]. Banyak faktor lain yang dapat membantu seperti memakai pelembab, mengurangi pemakaian produk skincare beralkohol, dan lain sebagainya. 

Lalu, apakah manfaat minum air putih banyak untuk wajah? Jawabannya adalah iya. Pasalnya, ada orang yang menyatakan bahwa asupan air putih yang cukup juga berperan penting dalam upaya menyehatkan kulit mereka. Jadi, tak ada salahnya rajin minum air putih tiap pagi hari untuk membantu menghidrasi kulit!

  1. Mengurangi Rasa Lapar

Sebuah studi[8] menyatakan bahwa minum air putih di pagi hari dapat meredakan sensasi lapar. Maka dari itu, minum air putih adalah alternatif ketika kamu tak sempat sarapan supaya perut tak terlalu berbunyi meskipun lapar melanda.

Meski begitu, kamu tak bisa menjadikan air sebagai satu-satunya sumber energi karena asupan nutrisimu tak cukup untuk menjalani hari jika sekadar mengandalkan air putih. Gunakan air putih saat pagi hari untuk alternatif mengganjal lapar saja, ya!

  1. Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Saat kamu tidur, tubuhmu secara otomatis akan melakukan “perbaikan”.  Tubuhmu yang pintar akan mengeluarkan hal-hal yang buruk bagi tubuh seperti racun. Untuk membantu proses detoksifikasi ini, ketika bangun tidur dan dalam keadaan perut kosong, sebaiknya langsung minum air putih. Dengan demikian, racun sisa metabolisme akan bisa cepat keluar dalam bentuk urine.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ternyata, minum air putih saat pagi hari, terutama ketika perut belum terisi makanan, bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan meminum air putih di pagi hari, maka keseimbangan di sistem limfatik tubuh kamu akan terjaga. Efeknya, sistem kekebalan tubuh kamu juga akan meningkat. 

Jika sistem kekebalan tubuh meningkat, tentu akan berimbas pada kemampuannya melawan infeksi dan virus yang mencoba masuk dalam tubuh.

  1. Kesehatan Sendi dan Otot Terjaga

Minum air putih di pagi hari secara rutin juga membantu agar persendian tetap lentur dan tidak kaku. Selain itu, juga bisa meningkatkan kekuatan otot kamu. Dampaknya dalam kehidupan sehari-hari, kamu tidak akan mudah lelah saat beraktivitas karena kesehatan sendi dan otot terjaga. 

  1. Menjaga Ginjal Agar Tetap Berfungsi dengan Baik

Fungsi ginjal bagi manusia sangat vital. Oleh karena itu, kesehatannya harus benar-benar dijaga agar bisa tetap berfungsi dengan baik. Jika cairan dalam tubuh kurang, maka urine yang keluar dari tubuh kamu akan berbau dan warnanya tidak jernih, tanda jika ginjal bekerja terlalu keras. Akibat jangka panjangnya, bisa menyebabkan batu ginjal. 

Nah, itu dia sederet jawaban dari apa manfaat minum air putih pada pagi hari yang kerap muncul di benak banyak orang. Jika kamu sedang mencari air mineral terbaik untuk diminum setiap pagi, maka Cleo adalah jawabannya. 

Air murni Cleo rasanya lebih ringan di tubuh. Airnya juga terasa lebih menyegarkan karena 20 kali lebih murni dari air biasa, lho! Jadi, tunggu apa lagi? Awali pagimu dengan air murni Cleo agar harimu makin produktif. 

Salam hidup sehat!

logo-tanobel-white-w500
PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2022 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel