Cara Memperlancar Pencernaan dengan Aman, Mudah, dan Murah

Mungkin Anda pernah memiliki keluhan buang air besar yang tidak lancar. Rasa tidak nyaman di perut ini tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Masalah ini bisa timbul karena pencernaan yang tidak lancar. Lalu, bagaimana cara memperlancar pencernaan sehingga Anda bisa nyaman melakukan kegiatan?

Apa saja yang terjadi bila Anda memiliki pencernaan yang tidak lancar? Apa saja tips atau kiat untuk memperlancar pencernaan dengan aman, mudah, dan murah? Bagaimana manfaat air mineral dalam memperlancar pencernaan?

Key takeaways:

  • Pencernaan yang tidak lancar akan menimbulkan berbagai masalah, termasuk susah BAB
  • Ada 5 tips mudah sebagai cara melancarkan pencernaan dengan aman, mudah dan murah.
  • Air mineral Cleo baik untuk memenuhi kebutuhan air minum setiap saat 

Apa yang Terjadi Ketika Pencernaan Tidak Lancar

Ketika pencernaan tidak lancar, mungkin banyak yang berpikir masalahnya hanya pada susah buang air besar (BAB). Ternyata masalah susah BAB hanya 1 dari beberapa masalah lainnya yang timbul akibat pencernaan yang tidak lancar. Berikut ini penjelasannya.

  1. Sakit pada Bagian Perut

Pencernaan yang tidak lancar akan membuat perut kembung. Ciri-cirinya adalah perut yang membesar, kencang, dan terasa penuh. Terkadang perut juga terasa kram. Selain itu pencernaan yang tidak lancar mengakibatkan sembelit, dengan tanda-tanda susah buang air besar.

  1. Penyerapan Nutrisi Kurang Baik

Ketika pencernaan tidak lancar, maka kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan yang masuk menjadi berkurang. Kondisi ini pada akhirnya akan menimbulkan kekurangan nutrisi, walaupun Anda sepertinya sudah mengonsumsi banyak makanan.

  1. Memengaruhi Fungsi Hati

Kondisi pencernaan yang bermasalah membuat tubuh kurang mampu memproses makanan dengan baik. Akibatnya adalah kerja hati menjadi lebih berat. Untuk mengurangi beban kerja usus, jangan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dalam waktu yang cepat.

Tips untuk Memperlancar Pencernaan

Pencernaan yang tidak lancar selain mengakibatkan kesulitan buang air besar, juga menimbulkan rasa yang tidak nyaman di area perut. Tetapi ternyata ada beberapa tips atau cara memperlancar BAB dengan mudah, murah dan aman. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Untuk menjaga kelancaran pencernaan, sebaiknya Anda mengawali dengan terlebih dahulu menjaga pola makan yang sehat. konsumsilah makanan yang alami dan utuh, bukan yang sudah diproses.

Hindari juga untuk mengonsumsi makanan dengan bahan tambahan seperti pewarna dan penambah rasa. Selain itu, makanan yang tinggi karbohidrat, garam, dan bahan kimia juga Anda hindari.

Makanan dan minuman kemasan yang memiliki label rendah kalori ternyata juga belum tentu sehat. Sering kali makanan dan minuman ini menggunakan pemanis buatan yang juga dapat menimbulkan masalah pada pencernaan.

  1. Mengatur Cara Makan yang Benar

Langkah selanjutnya yang merupakan cara mempercepat pencernaan makanan adalah dengan mengatur cara makan yang benar. Jangan mengonsumsi terlalu banyak makanan dalam waktu yang singkat, karena usus belum sempat untuk memproses makanan yang terlalu banyak. 

Kunyahlah makanan di mulut hingga terpecah menjadi makanan yang lebih kecil, sehingga mempermudah usus untuk memproses lebih lanjut. Mengunyah makanan di mulut lebih lama juga menyediakan cukup waktu bagi usus untuk memproses makanan yang masuk.

  1. Menambah Asupan Serat

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa cara mempercepat pencernaan adalah dengan menambahkan serat dalam tubuh. Serat yang cukup membantu kelancaran keluarnya feses, selain juga membantu mengatasi masalah sembelit.

Untuk menambahkan serat alami ke dalam pencernaan, Anda bisa mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Biji-bijian seperti oat juga kaya akan serat dan baik untuk meningkatkan jumlah serat dalam tubuh.

  1. Tambahkan Makanan Fermentasi

Mengonsumsi makanan fermentasi juga merupakan cara memperlancar pencernaan secara alami. Prebiotik atau bakteri baik merupakan kandungan yang bisa Anda dapatkan dalam berbagai jenis makanan fermentasi.

Beberapa jenis makanan fermentasi yang bisa Anda konsumsi adalah yoghurt, kefir, oncom, dan kimchi. Masyarakat Indonesia juga mengenal makanan fermentasi yang sangat populer yaitu tempe, yang dapat Anda olah menjadi berbagai jenis makanan nikmat.

  1. Minum Cukup Air Putih

Sumber:  cleopurewater.com

Mengonsumsi makanan yang sehat, alami, kaya akan serat, dan mengandung prebiotik memang baik untuk pencernaan. Tetapi upaya itu bisa menjadi sia-sia bila Anda tidak mengiringinya dengan minum air dalam jumlah yang cukup.

Tanpa  air dalam proses pencernaan, maka serat akan membuat feses menjadi padat. Dengan kondisi ini, serat yang pada awalnya berfungsi untuk melancarkan BAB malah menimbulkan kesulitan buang air besar. Jadi cara memperlancar BAB yang keras adalah dengan mengonsumsi air yang cukup.

Anda bisa mendapatkan air dalam buah-buahan kaya air seperti semangka, melon dan juga stroberi  Sayuran yang kaya akan air seperti timun dan tomat juga baik untuk meningkatkan kadar air untuk membantu proses pencernaan.

Tapi ternyata ada cara melancarkan pencernaan dengan mudah dan murah, yaitu dengan mengonsumsi air mineral. Cleo yang dihasilkan dari mata air berkualitas adalah pilihan terbaik bagi Anda yang membutuhkan air mineral. Anda bisa menjadikan Cleo untuk memenuhi kebutuhan air minum setiap saat.

logo-tanobel-white-w500
PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2022 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel