Air Murni Bukan Air Mineral, Ini Perbedaannya yang Perlu Kamu Tahu!

Air kemasan yang sering kita temui di supermarket atau warung tidak semua merupakan air mineral. Ada pula sebagian di antaranya yang merupakan air murni. Kalau air mineral mengandung mineral dan zat terlarut lainnya, air murni sudah melalui proses penjernihan yang tidak mengandung mineral apapun. Bukan hanya itu saja, ada beberapa perbedaan air murni dan air mineral yang selengkapnya dibahas dalam ulasan berikut ini. 

1. Air mineral

freepik.com/Racool_studio

Seperti namanya, air mineral merupakan air yang memiliki kandungan mineral dan nutrisi untuk membantu mengenyangkan tubuh saat kamu meminumnya. Jenis air minum ini memiliki raa yang khas karena zat yang ada di dalamnya tersebut. Meskipun memiliki kandungan berbagai zat di dalamnya, tetapi air mineral aman untuk diminum.

Sayangnya, mineral terdiri dari mineral organik dan anorganik yang belum tentu dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, perlu dipastikan bahwa air mineral yang kamu konsumsi memiliki kadar zat padatan terlarut yang tidak terlalu tinggi. Air mineral bisanya memiliki rasa yang berasal dari tempat asalnya. Mineral yang paling umum menambah rasa adalah belerang dan garam. Namun, hal itu juga bergantung dari mana air berasal. 

2. Air murni

freepik.com/rawpixel.com

Sementara itu, air murni merupakan jenis air yang disaring dan diolah dengan sistem penyaringan air. Misalnya, sistem reverse osmosis biasanya bisa menghilangkan 94 persen sampai 99 persen total dissolved solid (TDS) yang bisanya berisi garam dan kotoran dalam air. Namun, kandungan mineral melalui proses penyaringan juga hilang sehingga terasa lebih ringan di badan.

Dalam air murni, sumber airnya dari mana tidak terlalu penting. Namun yang paling jelas, jenis air ini telah melewati proses pemurnian untuk menghilangkan kontaminan atau bahan kimia apapun. Bentuk pemurnian yang umum adalah filtrasi karbon, osmosis, deionisasi, dan distilasi. Melalui proses tersebut, bahan kimia yang bisa membahayakan tubuh dihilangkan. Maka, air murni cenderung tidak memiliki rasa dibandingkan dengan air mineral.

3. Lebih baik air mineral atau air murni?

Antara air mineral dan air murni sama sama boleh untuk dikonsumsi. Namun, air murni dinilai lebih aman untuk tubuh karena tidak ada kandungan zat anorganik yang bisa berbahaya untuk tubuh. Seperti Cleo Pure Water yang merupakan air murni dengan proses penyaringan nanofilter yang menyaring mineral anorganik yang bisa berbahaya untuk tubuh. Kandungan TDS merek air murni ini juga rendah sehingga aman untuk ginjal dan tubuh. 

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel