Jenis-Jenis Air Minum Menurut Pakar Kesehatan, Salah Satunya Pure Water

Jenis air minum yang banyak orang awam ketahui adalah air putih dan air berasa lainnya seperti kopi atau teh. Namun, sebenarnya air putih yang biasa diminum sehari-hari pun berbeda-beda jenisnya. 

Menurut Dr. Yessica Tania, air minum di antaranya terdiri dari 3 macam. Pertama adalah mineral water, kedua adalah distilled water, dan yang ketiga adalah pure water atau air murni. Di antara ketiga jenis air minum tersebut, kandungan di dalamnya pun berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan ketiga jenis air minum tersebut. 

1. Mineral water

freepik.com
freepik.com

Melansir Times of India, mineral water adalah air yang mengandung sejumlah besar mineral atau gas terlarut. Biasanya, air mineral dari mata air alami memiliki kandungan kalsium karbonat, magnesium sulfat, kalium, sampai natrium sulfat yang tinggi.
Meskipun memiliki sejumlah manfaat kesehatan, tetapi kelemahan potensial dari air mineral menurut Healthline di antaranta adalah kekhawatiran tentang kandungan mikroplastik di dalamnya. Selain itu, tingginya kandungan sodium juga bisa berdampak bagi mereka yang membutuhkan diet rendah sodium. 

2. Distilled water

Selain mineral water, jenis air minum lainnya yang biasa ditemukan adalah distilled water atau air suling. Jenis air ini memang tidak mengandung kalori atau gula karena proses distilasi. Namun, Medicalnewstoday menyebutkan ada beberapa efek buruk dari air distilasi yakni bisa menurunkan fungsi metabolisme tubuh sampai peningkatan output urin. 

3. Pure water

Berbeda dari distilled water, air murni telah disaring secara efektif dari berbagai kotoran sehingga kontaminan di dalamnya hilang. Air ini juga disebut sebagai jenis air paling sehat dan memberikan banyak manfaat kesehatan. 

Contoh pure water atau air murni adalah Cleo Pure Water. Sebab, Cleo disaring menggunakan teknologi nanofilter yang pertama di Indonesia sehingga 20 kali lebih murni. Hal itu membuat air minum merek ini juga tidak mengandung mineral yang bisa berbahaya bagi kesehatan. 

Selain itu, Cleo jadi satu-satunya galon dengan handle-nya sehingga lebih mudah untuk mengangkat. Pada setiap kemasannya juga menjelaskan kalau Cleo BPA free. BPA atau bisphenol A merupakan bahan yang digunakan untuk tempat penyimpanan makanan, minu, makanan. Kalau dalam jumah kecil, BPA tidak berbahaya. Tapi, seringkali dalam jumlah besar bisa menimbulkan maslah kelenjar, hormon, bahkan kehamilan, dan masalah kesehatan lainnya. 

Sejalan dengan pernyataan dr Yessica Tania tentang jenis-jenis air, kamu tentu juga perlu mencari air minum yang BPA free. Sebab, rasa dari air minum ini lebih ringan dan tentunya aman untuk kesehatan. 

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel