Panduan Memilih Barang Rumah Tangga BPA Free, Pilih dengan Bijak!

Banyak orang yang mempertanyakan bagaimana cara mengetahui kalau barang rumah tangga yang digunakan sehari hari sudah BPA Free. Seperti yang kamu tahu, BPA adalah bhispenol A, zat kimia yang banyak ditemukan pada barang plastik keras.

BPA juga banyak yang terkandung dalam kemasan makanan dan minuman. Namun, bahan kimia tersebut ternyata berdampak negatif bagi kesehatan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara memilih dengan bijak barang rumah tangga BPA Free.

Namun sebelumnya, kamju perlu mengetahui lebih dulu bahan atau resin yang dopakai pada barang rumah tanggamu. Ada berbagai material yang biasa digunakan dalam plastik atau resin, tetapi material yang biasanya tidak mengandung BPA memiliki kode PET (1), HDPE(2), LDPE(4), PP(5), atau PS(6).

Selain itu, cara lebih detail untuk memastikan botol atau stoples tidak ber-BPA adalah:

  1. Balikkan botol atau stoples, lihat bagian bawahnya apakah botol tersebut mengandung kode resin plastik atau kode daur ulang. Simbol angka tersebut biasanya dilambangkan dengan angka numerik 1 sampai 7. 
  2. Kalau kamu melihat angka 1,2,4,5,atau 6, maka bisa diasumsikan bahwa botol atau stoples tersebut bebas BPA.
  3. Jika nomor yang tertera angka 3 atau PVC, maka kemungkinan besar barang tersebut mengandung BPA. PVC sekarang tidak banyak digunakan untuk sebagian besar wadah makanan dan minuman. Bahan ini juga sudah semakin sedikit digunakan untuk pelapis makanan kaleng. 
  4. Jika kamu melihat angka 7, maka kamu tidak bisa langsung menyimpulkan resin atau plastik tersebut mengandung BPA atau tidak. Sebab, angka 7 dianggap sebagai kategori lain lain yang dikelompokkan ke dalam semua plastik lainnya. Namun jika kamu mengetahui bahwa botol tersebut terbuat dari bahan PVC, maka pasti ada kandungan BPA di dalamnya. 
  5. Jangan memasukkan makanan atau minuman plastik ke dalam microwave. Selain mengetahui kode dalam plastik atau resin, kamu juga bisa menghindari BPA dengan tidak memasukkan makanan atau minuman dalam plastik ke dalam microwave. 
  6. Kurangi konsumsi bahan kaleng atau olahan, seperti mengurangi konsumsi bahan kaleng atau olahan juga menjadi cara bijak lainnya mengingat kaleng biasanya masih mengandung BPA yang bisa terserap ke dalam makanan. Lebih baik, beli buah dan sayuran yang segar secara langsung. 
  7. Pilih air minum galon BPA Free. Sebab, salah satu sumber air minum yang dikonsumsi tubuh sehari hari berasal dari air galon. Maka dari itu, penting untuk memastikan air galon yang dikonsumsi bebas dari BPA. Salah satu produk air galon yang sudah BPA Free adalah Cleo galon. Cleo galon juga dilengkapi dengan handle dan easy cap yang mudah diangkat maupun dipasang ke dispenser.

Itulah beberapa panduan memilih barang rumah tangga BPA Free supaya terhindar dari risiko kesehatan yang berbahaya.

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel