Risiko BPA dalam Plastik dan Cara Memilih Produk BPA Free

Tanpa sadar, banyak bahan kimia yang ditemukan dalam produk sehari-hari. Salah satu bahan kimia yang disinyalir bisa berdampak buruk untuk kesehatan adalah BPA atau bisphenol A. Penelitian menunjukkan bahan kimia tersebut bisa meresap ke dalam minuman atau wadah yang terbuat dari BPA. Mengingat BPA bisa berdampak buruk untuk kesehataan otak, kelenjar prostat, dan janin, maka kenali dulu risiko BPA dalam plastik berikut ini. 

1. Aritmia 

https://www.freepik.com/free-photo/close-up-young-asian-male-businessman-casual-costume-hand-touch-heart-with-stroke-heart-attack-with-gesture-action-express-ill-sickness-bad-health-ideas-concept-white-background_25119063.htm#query=arrhythmia&from_query=aritmia&position=2&from_view=search&track=sph

Dalam sebuah penelitian, BPA ditemukan bisa memengaruhi detak jantung yang berisiko menyebabkan aritmia. Aritmia adalah detak jantung yang tidak teratur dan menyebabkan kematian jantung mendadak. 

2. Pertambahan berat badan 

https://www.freepik.com/free-photo/woman-feet-standing-weight-scale-wooden-background_3396982.htm#query=obesity&from_query=obecity&position=1&from_view=search&track=sph

Sebuah studi juga menunjukkan adanya hubungan antara konsentrasi BPA yang lebih tinggi pada tubuh yang obesitas dan resistensi insulin. 

3. Intoleransi makanan

https://www.freepik.com/free-photo/portrait-asian-woman-with-stomach-ache-holding-cupcake-food-poisoning-feeling-unwell-studio-backg_45404722.htm#query=food%20intolerance&position=26&from_view=search&track=ais

Eksperimen yang dilakukan pada sekelompok tikus yang hamil menunjukkan bahwa tikus yang terpapar BPA menunjukkan peradangan kolon yang merupakan intoleransi makanan saat diberikan makanan baru di kemudian hari. 

4. Tekanan darah tinggi

https://www.freepik.com/free-photo/coronavirus-sample-procedure_10623660.htm#query=high%20blood&position=2&from_view=search&track=ais

Uji coba silang yang dilakukan pada orang dewasa yang mengonsumsi minuman sama dalam  kemasan berbeda. Saat diukur, konsentrasi urin setelah mengonsumsi minuman kaleng ber -BPA menunjukkan tekanan darah yang meningkat. 

5. Menurunkan gairah seks

https://www.freepik.com/free-photo/bad-sex-concept-with-upset-couple_17613838.htm#query=sex&position=29&from_view=search&track=sph

Risiko BPA yang terakhir adalah bahwa BPA yang sifatnya seperti estrogen bisa mengganggu kadar hormon seks pada pria. Bahkan, studi lainnya menemukan bahwa paparan zat ini bisa menurunkan kadar testosteron pria.

Mengetahui berbagai risiko di atas, lalu bagaimana memilih produk BPA Free? Pertama, gunakan produk BPA Free dengan melihat label kemasannya. Biasanya, kode plastik BPA Free memakai kode daur ulang angka 1. Sementara kode 7 atau 3 mungkin mengandung BPA. Salah satu produk air minum BPA Free yang direkomendasikan adalah Air Murni Cleo Galon.

Selain BPA Free, air minum di dalamnya juga merupakan air murni yang telah melalui proses penyaringan yang canggih. Proses tersebut menghilangkan mineral anorganik yang bisa membahayakan tubuh. Selain itu, Cleo Galon juga dilengkapi dengan handle serta easy cap yang bisa memudahkan kamu untuk mengangkat dan memasangnya ke dispenser. 

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel