Arti BPA Free dan Cara Mengenali Produk BPA Free

Kebanyakan produk plastik yang beredar di pasaran telah memiliki label BPA free. Tiap produk yang berlabel BPA free memiliki implikasi bahwa produk tersebut lebih aman dari produk yang tak berlabel BPA free. Namun, apa sebenarnya arti BPA free?

Simak informasi seputar arti dari BPA free sekaligus kelebihan dan cara mengenalinya berikut ini!

Apa Arti BPA Free?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai BPA free, kamu perlu tahu pengertian dari BPA itu sendiri. Melansir Green Matters[1], BPA atau bisphenol A merupakan sebuah bahan kimia industri yang digunakan pada pembuatan plastik polikarbonat serta resin epoksi tertentu.

Ternyata, BPA telah digunakan sejak tahun 1960-an[2], lho. Dulunya, plastik yang mengandung BPA sering digunakan sebagai wadah untuk makanan atau minuman. Tak hanya itu, resin BPA juga kerap jadi bahan pelapis permukaan kaleng makanan, tutup botol, hingga komposit gigi.

Dari pengertian BPA di atas, kamu bisa menyimpulkan bahwa arti BPA free adalah bebas BPA. Jadi, misalkan kamu menemukan suatu produk botol yang berlabel BPA free dan bertanya arti BPA free pada botol tersebut, maka botol tersebut tak menggunakan BPA sebagai salah satu bahan bakunya.

Pentingnya Label BPA Free

Seiring perkembangan zaman, para produsen produk wadah plastik, terutama produk dengan target bayi atau anak kecil, makin menggencarkan label BPA free atau label bebas dari BPA. Pasalnya, produk yang mengandung BPA terbukti berbahaya bagi kesehatan dalam penggunaan jangka panjang. 

Ternyata, kandungan BPA yang terdapat pada produk wadah plastik bisa meresap pada makanan atau minuman di dalam wadah tersebut. Ketika makanan atau minuman tersebut kamu konsumsi, maka zat BPA pun otomatis akan masuk ke dalam tubuh.

Menurut Medical News Today[3], BPA yang masuk ke dalam tubuh manusia bisa menyebabkan gangguan reproduksi, penyakit jantung, diabetes tipe 2, gangguan perkembangan otak janin, asma, kanker payudara dan prostat, impoten, hingga mengurangi efektivitas kemoterapi.

Maka dari itu, penggunaan produk plastik BPA free penting untuk menghindari gangguan kesehatan tersebut. 

Apakah Produk Berlabel BPA Free Benar-benar Aman?

Menurut Care[4], tak semua produk berlabel BPA free benar-benar aman untuk digunakan. Faktanya, 70% dari produk-produk berlabel BPA free masih berisiko untuk meluruhkan zat berbahaya pada makanan atau minuman. 

Pasalnya, ada turunan bahan BPA yang masih kerap produsen produk plastik pakai sebagai pengganti BPA, yakni BPF dan BPS. Sebuah studi[5] menemukan bahwa produk plastik dengan bahan BPF dan BPS mengandung senyawa yang bisa mengganggu fungsi sel.

Oleh karena itu, kamu harus cermat dalam memilih produk berlabel BPA free sekaligus produk yang berpotensi mengandung bahan turunan BPA, seperti BPS dan BPF.

Cara Mengenali Produk BPA Free yang Aman

Sebelum membeli atau memakai produk plastik, sebaiknya kamu memahami bagaimana cara mengetahui apakah produk tersebut sudah BPA free. Simak beberapa alternatif cara berikut ini:

  1. Via Label BPA Free

Cara paling gampang untuk mengenali produk plastik BPA free adalah dengan mencari label BPA free di produk tersebut. Biasanya, label BPA free terletak di luar kemasan produk atau di sisi bawah produk.

  1. Via Kode BPA Free

Selain mencari label BPA free, kamu juga bisa memilah produk yang berpotensi mengandung bahan turunan BPA, seperti BPS dan BPF, melalui kode produk plastik. Kode ini berupa angka yang terletak di sebuah arah panah berbentuk segitiga dan umumnya terletak di bagian bawah produk.

  • Pertama, kode 1, 2, 4, dan 5 berarti produk tersebut bebas dari BPA dan bahan turunan berbahaya. Kode botol BPA free ini akan sering kamu temui pada produk plastik lainnya juga.
  • Lalu, kode 7 berarti produk tersebut mengandung BPA dan wajib kamu hindari penggunaannya.
  • Kemudian, kode 3 dan 6 berarti produk tersebut tak mengandung BPA, namun mengandung bahan turunan berbahaya lain yang juga perlu kamu hindari penggunaannya.

Cara Merawat Produk Berlabel BPA Free

Meskipun produk plastik dengan label BPA free tergolong aman, perawatan produk yang sesuai juga wajib kamu perhatikan supaya produk tersebut tetap terjaga keadaannya.

Salah satu cara untuk merawat produk BPA free adalah dengan menghindarkannya dari suhu tinggi, seperti microwave, supaya senyawa kimia tak meresap masuk ke dalam makanan dan minuman. Namun, hal ini tak berlaku untuk produk BPA free tahan panas.

Selain itu, usahakan untuk memakai sabun cuci yang aman untuk produk plastik sehingga residu yang mungkin saja tertinggal di dalam produk juga tak mencemari makanan atau minuman.

Nah, itu dia informasi seputar arti BPA free, pentingnya BPA free, serta cara mengenali produk BPA free sekaligus cara merawatnya. Sebisa mungkin gunakan produk berlabel BPA free untuk menjaga keamanan makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Kalau kamu termasuk orang yang hobinya minum air mineral galonan, galon dari Cleo adalah pilihan yang tepat.  Galon Cleo ini sudah jaminan BPA free. Jadi, kualitas airnya sudah pasti bagus karena terbebas dari kontaminasi zat BPA dan zat kimia berbahaya lainnya. 

Yuk,mhidup sehat!

logo-tanobel-white-w500
PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2022 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel