Inilah 7 Manfaat Mengonsumsi Air Murni bagi Ibu Hamil

Saat hamil, Anda membutuhkan lebih banyak air, untuk memudahkan tubuh beradaptasi dengan berbagai perubahan. Salah satu jenis air yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah air murni, karena terbebas dari mineral anorganik atau bahan kimia lainnya. Air murni merupakan air yang telah mengalami proses penyaringan sehingga terbebas dari kotoran atau bahan kimia berbahaya. Ini sangat tepat untuk ibu hamil, mengingat ibu hamil sedikit rentan karena berbagai perubahan selama kehamilan. Artikel ini akan menjelaskan apa manfaat air murni untuk ibu hamil.

Manfaat Air Murni untuk Ibu Hamil

ACOG (the American College of Obstetricians and Gynecologists), menyarankan sejumlah takaran minum untuk ibu hamil. ACOG merekomendasikan ibu hamil setidaknya harus minum 8 hingga 12 gelas ( sekitar 64 hingga 96 ons) setiap hari. 

Karenanya, penting bagi ibu hamil untuk minum air yang benar-benar terjaga kemurniannya, agar tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Berikut ini manfaat air murni untuk ibu hamil:

  1. Membentuk Cairan Ketuban

Masih menurut ACOG, minum cukup air selama hamil juga akan membantu membentuk air ketuban. Selain itu, juga dapat menjaga tingkat cairan ketuban yang ideal. Air ketuban memiliki fungsi yang sangat penting dalam menunjang pertumbuhan janin.

  1. Mencegah Dehidrasi

Menurut babycenter, saat ibu hamil dehidrasi, ini akan menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu, seperti sakit kepala, mual, kram, edema, dan pusing. Karenanya, sangat penting untuk memastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik saat hamil, sehingga fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik. 

  1. Membantu Mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Perubahan tubuh selama kehamilan akan membuat Anda lebih rentan terkena ISK selama kehamilan. 

Rahim yang membesar akan memperlambat aliran urin dari ginjal menuju kandung kemih Anda, sehingga memungkinkan bakteri untuk tumbuh. Inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab tubuh Anda lebih rentan terkena ISK selama hamil.

Dengan banyak minum air, ini akan membantu membuang banyak bakteri penyebab ISK, yang akan keluar melalui urin.

  1. Mencegah Konstipasi

Konstipasi atau sembelit sering terjadi pada ibu hamil. Menurut penelitian, 3 dari 4 wanita hamil dapat mengalami sembelit atau masalah usus lainnya.

Melansir dari Healthline, salah satu cara mencegah sembelit adalah dengan banyak minum air putih. Dengan begitu, membantu menjaga usus Anda tetap sehat dan memperlancar saluran pencernaan Anda.

  1. Membantu Menjaga Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Janin

Salah satu fungsi air dalam tubuh adalah membantu penyaluran oksigen dan nutrisi melalui darah ke seluruh tubuh. Ketika tubuh Anda ternutrisi dengan baik, ini memungkinkan bayi juga mendapatkan nutrisi yang baik dari tubuh Anda. 

  1. Membantu Mencegah Preeklamsia

Menurut dr Ivander R Utama SpOG, preeklamsia adalah kondisi di mana tekanan ibu meningkat di atas 140/90, yang disebut preeklamsia ringan. Gejalanya dapat berupa kaki bengkak atau sakit kepala berat. 

Salah satu faktor penyebab preeklamsia adalah obesitas atau diabetes yang dialami oleh ibu sebelum mengalami kehamilan. Salah satu cara mencegah keadaan ini adalah menjaga pola hidup sehat sebelum dan saat kehamilan.

Minum air yang cukup selama kehamilan akan membantu menjaga kesehatan fisik dan mental ibu, serta membantu mencegah preeklamsia. Pada saat hamil, Anda akan membutuhkan lebih banyak air untuk melakukan detoksifikasi, dari limbah yang dihasilkan ibu dan bayi. 

Selain itu, minum air juga diperlukan untuk menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah agar tetap normal.

  1. Memperkecil Risiko Kelahiran Prematur

Dikutip dari babycenter, kekurangan cairan terutama pada masa trimester ketiga, dapat memicu kontraksi yang memicu persalinan prematur. Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan air yang tinggi dapat dikaitkan dengan berat lahir rata-rata yang lebih tinggi.

Cleo Pure Water, Lebih Murni dengan Penyaringan Membran Hiperfiltrasi

Sumber gambar: Asset-12.webp (1418×1128) (cleopurewater.com)

Seperti penjelasan di atas, bahwa air murni memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan ibu hamil. Karenanya, penting untuk memilih air murni yang terjaga kemurniannya.

Contoh air murni yang bisa dengan mudah Anda temui adalah Cleo, yang berasal dari sumber mata air berkualitas. Cara membuat air murni Cleo adalah dengan menyaring air dari sumber air alami, menggunakan teknologi modern nano filter.

Teknologi ini memungkinkan TDS (Total Dissolve Solid) kurang dari 10 ppm yang benar-benar terbebas dari zat berbahaya. Selain itu, teknologi ini menggunakan saringan hyper filtration membrane 0.0001 mikron yang lebih kecil dari rambut manusia. 

Proses ini dapat menyaring semua kotoran dan menghasilkan air murni yang lebih segar dan lebih sehat untuk tubuh.

Cukupi kebutuhan cairan ibu hamil dengan memilih air murni yang berkualitas dan terjaga kemurniannya. Anda dapat memilih Cleo, merek air murni yang telah dilengkapi dengan teknologi penyaringan yang sangat halus, sehingga bebas dari zat kimia serta lebih sehat dan lebih segar ketika diminum.

Ibu Hamil Perlu Banyak Minum Air Murni, Mitos Atau Fakta?

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel