Makanan dan Minuman untuk Mengurangi Mual pada Ibu Hamil

Saat masa kehamilan, ada banyak gejala yang muncul pada ibu hamil, salah satunya adalah mual di pagi hari. Hal ini memang biasa terjadi pada trimester pertama kehamilan. Penyebabnya adalah karena peningkatan hormon yang terjadi pada ibu hamil.

Memang, kondisi tersebut biasanya akan lebih ringan pada trimester kedua. Namun, kamu bisa meringankan gejalanya dengan mengonsumsi beberapa makanan dan minuman untuk mengurangi mual pada ibu hamil di bawah ini.

1. Lemon

Kalau kamu serung mengalami mual di pagi hari, maka siapkan lemon di rumah. Kamu bisa memeras buah ini lalu masukkan ke dalam air minum. Menjilat buah lemon langsung pun akan memberikan aroma yang menyegarkan sehingga mampu menenangkan perut. Akan tetapi, pastikan perlu konsultasi dokter untuk mengetahui bahwa lemon aman untuk kehamilanmu. Supaya tetap aman, kamu bisa sekedar menciumnya karena aromanya yang terapeutik.

2. Makanan dingin

Makanan yang panas kemungkinan justru memiliki aroma yang memicu muntah. Supaya mengatasi rasa mual, maka konsumsi makanan dingin seperti sorbet, yoghurt, es krim, atau buah buahan dingin. Dengan konsumsinya, maka itu membantu menenangkan perut dan mencegah mual.

3. Jahe

Jahe memang menjadi salah satu pengobatan alternatif yang sangat cocok untuk mengatasi mual. Menurut National Library of Medicine, sekitar 80 persen orang hamil akan mengalami mual dan muntah di awal kehamilan. Nah, jahe menjadi bahan yang ampuh untuk rasa mual itu. Tidak harus dibuat minuman, kamu bisa memilih permen atau teh jahe yang sama sama menyegarkan.

4. Crackers asin

Memiliki crackers asin di rumah akan membantu mencegah mual di pagi hari. Sebab, perut yang kosong akan menimbulkan rasa mual. Jadi, kamu bisa mengonsumsi crackers asin setelah bangun tidur. Rasa asin itu tidak akan membuat mual, justru bisa mencegahnya.

5. Buah semangka

Dari buah buahan, semangka mengandung air yang tinggi dan mencegah mual. Semangka juga mampu melawan dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil karena kurangnya konsumsi air. Selain bisa dimakan langsung, semangka juga bisa dibuat jus atau kreasi makanan lainnya.

6. Air putih

Terakhir, minuman yang paling mudah didapatkan untuk mengatasi mual di pagi hari adalah air putih. Pilihlah air yang murni yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil, contohnya adalah Cleo Pure Water. Air murni Cleo juga tidak mengandung mineral anorganik yang bisa berbahaya untuk tubuh jadi aman dikonsumsi untuk ibu hamil.

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel