4 Cara Menghilangkan Pedas di Mulut Setelah Makan Pedas

Memakan makanan pedas memang sangat nikmat. Namun setelah memakan makanan pedas, biaranya muncul rasa terbakar dalam mulut yang sulit dihilangkan. Bahkan sampai sudah beberapa lama, sensasi terbakar itu tak kunjung hilang dan justru makin terasa. 

Hal itu mungkin karena kamu salah mengonsumsi makanan atau minuman setelah makan makanan pedas. Perlu diketahui beberapa cara menghilangkan pedas di mulut yang efektif dan cepat berikut ini. 

1. Susu

unsplash.com/Anita Jankovic

Susu merupakan minuman ajaib yang bisa menghilangkan sensasi terbakar dalam mulut dengan cepat. Sebab, di dalam susu terdapat protein yang bernama kasein yang membantu memecah capsaicin dan memberikan efek lega.
Berbeda dengan air yang bersifat non polar dan mengikat capsaicin dan mencegah mencapai reseptor rasa sakit di mulut. Jadi, susu menjadi pilihan untuk memenangkan rasa pedas dalam mulut. 

2. Gula atau madu 

Kamu mungkin berpikir kalau rasa manis tidak bisa mengalahkan rasa pedas. Namun kenyataaannya, gula dan madu bisa membantu menghilangkan sensasi pedas. Kamu bisa menaruh setengah sendok teh gula atau madu di lidah dan mengisapnya untuk melegakan lidah yang terbakar. Hal itu karena kandungan capsaicin diserap oleh gula atau madu dan membuatmu merasa lebh lega. 

3. Roti

Pati dalam roti merupakan penghilang alami rasa pedas di dalam mulut. Bukan hanya roti, nasi atau kentang juga bisa membantu menyerap capsaicin yang menyebabkan sensasi terbakar di dalam mulut. Kamu bisa memakan sepotong roti segera untuk menenangkan mulut yang kepedasan. Kalau tidak, ambil nasi rebus untuk menyerap rasa pedas di dalam mulut. 

4. Bagaimana dengan air?

Salah satu reflek saat seseorang merasakan pedas yang membakar di dalam mulut adalah meminum air. Sayangnya, reflek ini tidak benar benar membantu menghilangkan pedas. Sebab, air yidak akan meengurangi efek capsaicin yang bersifat minyak. Air justru bisa menyebarkan minyak ke bagian lain dari mulut dan makin membuatnya terbakar. 

Namun, air murni seperti Cleo Pure Water akan cocok untuk diminum setelah makan makanan biasa. Kamu bisa mengonsumsinya setelah pedas mereda agar makanan lebih mudah dicerna di dalam tubuh.

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel