6 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

Peraturan dari pemerintah saat ini memang memperbolehkan Anda untuk melepas masker di ruang terbuka. Namun, bukan berarti Anda bisa lengah. Kesehatan masih terlalu mahal untuk Anda sepelekan. Dalam ulasan ini kami akan memberikan beberapa tips menjaga kesehatan di masa pandemi.

Berikut tipsnya.

  1. Olahraga Teratur

Tips pertama adalah menjaga tubuh untuk tetap aktif bergerak. Tidak perlu muluk-muluk untuk berolahraga berat ataupun nge-gym di fitness center. Anda bisa tetap berolahraga di rumah.

Ada banyak pilihan yang bisa dicoba, mulai dari jalan santai, jalan cepat, bersepeda, kardio, aerobik, yoga, dan lain sebagainya. Sekurang-kurangnya, usahakan untuk meluangkan waktu sekitar 30 menit dalam sehari untuk berolahraga.

Anda bisa berolahraga sendiri maupun ramai-ramai dengan keluarga. Banyaknya video tutorial di platform Youtube untuk berolahraga di rumah juga membuat aktivitas ini lebih menyenangkan.

  1. Kurangi Screen Time pada Gadget

Apakah Anda tahu bahwa terjadi peningkatan durasi screen time di masyarakat selama pandemi berlangsung? Hal ini normal terjadi karena hampir semua aktivitas seperti belajar dan bekerja dilakukan dari rumah.

Peraturan yang sebelumnya melarang masyarakat beraktivitas di luar rumah juga memicu orang untuk menatap layar gadget lebih lama. Nah, untuk menjaga kesehatan mata maka Anda bisa melakukan pembatasan.

Hanya gunakan gadget saat dibutuhkan. Jika tugas atau pekerjaan selesai, cobalah melakukan aktivitas lain agar Anda tidak bosan. Bagaimana jika Anda diharuskan menatap layar gadget dalam waktu lama?

Coba saja terapkan rumus 20-20-20 yakni istirahatkan mata setelah menatap layar gadget selama 20 menit. Istirahat cukup 20 detik dengan memandang objek yang jauhnya sekitar 20 kaki atau 6 meter dari tempat Anda berdiri.

  1. Tetap Bersosialisasi

Salah satu masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan masyarakat selama pandemi adalah mental health. Selama pandemi berlangsung banyak orang yang mengalami gangguan kecemasan, stres, panik, hingga depresi.

Salah satu tips menjaga kesehatan mental di masa pandemi adalah tetap bersosialisasi meski tidak bisa bertemu dengan orang lain. Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan pesan suara, video, dan cara lainnya.

Intinya, buat Anda merasa tidak sendirian meskipun posisinya Anda di rumah tanpa anggota keluarga yang lain. Dengan peraturan baru saat ini, tentunya Anda bisa lebih leluasa bertemu dengan orang lain, kan?

  1. Sleep Hygiene

Tidur adalah faktor penting untuk menjaga kondisi kesehatan Anda. Tak hanya sekedar tidur, Anda perlu mendapat tidur berkualitas agar tubuh bisa beristirahat dengan optimal.

Sayangnya, selama pandemi berlangsung, jam tidur Anda mungkin terganggu karena semua aktivitas dilakukan di dalam rumah. Anda bisa saja terlalu banyak tidur karena kurang aktivitas atau bahkan kurang tidur karena jam kerja tidak pasti.

Usahakan untuk tetap bekerja di dalam lingkup “jam kerja kantor”. Matikan komputer atau PC setelah bekerja. Jauhkan gadget setidaknya 30 menit sebelum tidur. Anda bisa mencoba minum susu hangat dan mendengarkan musik klasik sebagai pengantar tidur.

Jangan lupa untuk tetap bangun pagi meskipun aktivitas di luar rumah belum normal. Ini akan membantu menjaga jam biologis tubuh sehingga jadwal istirahat tidak terganggu. Idealnya Anda bisa tidur 7 hingga 8 jam dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan istirahat tubuh.

  1. Pola Makan Sehat

Percuma rutin olahraga jika pola makan tidak dijaga. Bisa-bisa sistem imun menurun dan tubuh mudah terserang virus penyakit.

Salah satu cara menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19 adalah dengan memperhatikan asupan makanan harian. Jangan lengah dengan mengonsumsi sembarang makanan. Setidaknya penuhi kebutuhan harian berupa karbohidrat kompleks, protein, vitamin, dan juga mineral.

Cobalah untuk memasak sendiri dan mengurangi jajan di luar agar pola makan lebih terjaga. Tidak perlu membeli bahan-bahan mahal, asal Anda menjaga kebersihan saat memasak maka makanan yang tersaji sudah lebih dari cukup.

Agar tidak bosan, Anda bisa mencari inspirasi resep dari platform media sosial, ya. 

  1. Penuhi Kebutuhan Air Minum

Selain memperhatikan pola makan, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka Anda tidak akan bisa beraktivitas dengan normal. Tubuh mudah lelah sehingga tidak produktif. 

Dehidrasi juga bisa membuat Anda lebih mudah terserang penyakit. Lalu apakah cukup minum air putih saja?

Tentu tidak. Anda bisa memilih air mineral berkualitas untuk kebutuhan air minum harian, seperti air mineral Cleo. 

Air mineral Cleo berasal dari sumber mata air berkualitas yang disaring dengan teknologi modern. Sehingga mampu menghasilkan air dengan mineral terbaik untuk tubuh. Tak hanya itu, air mineral Cleo juga mengandung kadar oksigen mencapai 8 mg/L yang penting untuk tubuh.
Semoga tips menjaga kesehatan di masa pandemi di atas bermanfaat untuk Anda semua, ya. Tetap hidup sehat dan jaga protokol kesehatan agar tubuh tetap prima di masa pandemi ini.

logo-tanobel-white-w500
PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2022 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel