7 Tips Awet Muda di Usia 30 Tahun, Kulit Segar & Sehat

Memasuki usia 30, tubuh mengalami berbagai perubahan hormonal. Salah satu efeknya adalah wajah tampak lebih kering dan muncul tanda-tanda penuaan. Untuk alasan ini, kamu mungkin membutuhkan informasi seputar tips awet muda di usia 30 tahun.

Kamu memang tidak punya kemampuan untuk menahan atau memutar waktu sehingga usiamu tetap muda. Namun, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamu tampak tetap muda dari kebanyakan orang yang mengabaikan pola hidup sehat.

Penasaran apa saja yang bisa kamu lakukan? Kita bongkar cara agar awet muda di usia 30 tahun satu per-satu!

1. Memenuhi Kebutuhan Air Demineral

Air putih adalah hal sederhana yang kerap dilupakan banyak orang. Padahal, khasiatnya untuk kesehatan sangatlah luar biasa. Suka tidak suka, mau tidak mau, kamu sebaiknya tetap paksakan diri untuk meminumnya sesuai kebutuhan. Bagi orang dewasa, 2 liter per-hari adalah standar kecukupannya.

Dengan minum air putih yang cukup, kamu memastikan tubuhmu tetap terhidrasi. Dampaknya, kulit jadi tidak mudah kering dan pastinya kamu bisa tetap terlihat segar awet muda. 

Bukan hanya itu, air murni juga mengandung kalsium yang dapat mencegah masalah tulang dan gigi, yang jika bermasalah bisa membuatmu tampak tua. 

Contoh air murni yang bisa menjadi pilihan untuk kebutuhan tubuhmu adalah Cleo. Pasalnya, Cleo berasal dari sumber mata air berkualitas yang telah diolah dengan cara yang tepat, sehingga memberikan manfaat maksimal bagi tubuh Anda.

2. Meningkatkan Vitamin dengan Buah dan Sayuran

Semakin tua umurmu, kamu perlu semakin peduli dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Terutama, terhadap pemenuhan sejumlah vitamin yang secara nyata berpengaruh pada penampakan kulit wajah.

Misalnya, kamu membutuhkan vitamin C. Vitamin ini mampu membantu produksi kolagen, vitamin E dan C yang mendorong regenerasi kulit, dan lainnya. 

Berbagai vitamin ini, umumnya terdapat dalam buah dan sayuran. Sejumlah contoh makanan yang perlu dikonsumsi umur 30 tahun ini antara lain tomat, bayam, semangka, atau wortel.

Oh ya, kurang vitamin dalam tubuh juga mempengaruhi tingkat banyaknya uban di rambutmu juga lho!

3. Lebih Sering Berolahraga

Olahraga bukan hanya berpengaruh terhadap fisik yang sehat dan bugar. Lebih dari itu, bermanfaat juga untuk membuat kamu tampak lebih awet muda.

Berdasarkan penelitian yang kami kutip dari Pure Luxe Medical, olahraga berat dengan intensitas tinggi mampu memperlambat penuaan pada tingkat sel.  

Olahraga juga membantu meningkatkan aliran darah, mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh, hingga menggerakkan oksigen. Secara tidak langsung, semuanya berkontribusi membuat kamu tampak lebih muda.

4. Selalu Gunakan Pelembab 

Perawatan yang bekerja dari dalam tubuh, perlu kamu imbangi dengan  perawatan wajah untuk usia 30 tahun yang bekerja dari luar. Salah satunya, dengan menggunakan krim yang membantu melembabkan kulit wajah.

Faktanya, pada usia 30 tahun, kulit mulai lebih mudah kering dan memunculkan garis halus karena produksi sebum (minyak alami) dalam tubuh berkurang. 

Untuk mencegah hal tersebut, pelembab dapat membantumu. Hanya saja, pastikan pelembab yang kamu pakai menggunakan kandungan yang memang berguna, seperti glycerin, niacinamide, hyaluronic acid, atau ceramide.

5. Rutin Membersihkan Wajah

Terutama bagi wanita, make up biasanya menjadi hal yang tak terpisahkan. Untuk menunjang penampilan, hal ini seolah menjadi wajib dan tak boleh dilewatkan.

Sebenarnya ini tak salah. Namun, akan berbahaya jika kamu sering lupa membersihkannya. 

Ketika kamu lupa, muncul potensi pori-pori menjadi tersumbat. Akibatnya, wajah bisa memunculkan kerutan dan jerawat. Otomatis, kemunculan keduanya bisa membuat wajahmu jadi tampak lebih tua.

Tips tetap cantik diusia 30-an yang satu ini bisa sebaiknya kamu lakukan dengan  proses pembersihan dua tahap (double cleansing). Tahap pertama dengan pembersih berbahan air, susu, atau minyak. Sedangkan yang kedua pakai sabun.

6. Menjaga Diri dari Sinar Matahari

Fakta yang cukup mengejutkan, sinar matahari yang terdiri dari UV dan UVB bertanggung jawab terhadap sekitar 90% tanda-tanda penuaan pada kulit. Mulai dari keriput, bintik-bintik, kulit kusam, hingga tone kulit yang tidak rata.

Hanya saja, tampaknya sangat sulit bagi kita untuk sepenuhnya meninggalkan sinar matahari. Jadi, solusinya adalah menggunakan tabir surya ketika beraktivitas outdoor, minimal yang memiliki peringkat SPF di angka 30 (SPF 30). 

Dengan bantuan tabir surya, kulit akan mendapatkan perlindungan dari potensi penuaan yang lebih cepat.

7. Dapatkan Istirahat yang Cukup

Tuntutan pekerjaan, kewajiban rumah, dan sejenisnya, mungkin membuat kamu sibuk. Namun, jangan lupa bahwa kamu tetap membutuhkan istirahat dalam waktu yang cukup. Terutama, dengan tidur.

Tahukah kamu, saat tidur adalah waktunya tubuh memproduksi kolagen. Maka, kalau kamu kurang tidur, tingkat produksi kolagen juga pasti jadi problem. Padahal, zat ini penting untuk menjaga tubuh tetap tampak awet muda.

Satu hal lagi, buruknya kualitas tidur juga mengganggu sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh lebih rentan menghadapi masalah. Termasuk, masalah kulit.

Pada dasarnya, tips awet muda di usia 30 tahun yang kami bagikan di atas tidaklah begitu sulit untuk dilaksanakan. Apalagi, sebagian besar tips merupakan bagian dari aplikasi pola hidup sehat yang mungkin sudah akrab dengan keseharianmu. Hal terpenting, kamu bisa konsisten untuk menjalankan semua tipsnya!

logo-tanobel-white-w500
PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2022 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel