Apa Itu BPA Free? Jangan Sepelekan, Ini Pentingnya untuk Kesehatan

Hal-hal kecil seperti kemasan air minum seringkali tidak begitu dipikirkan oleh banyak orang. Padahal, hal semacam itu sangat penting karena bisa mengandung zat yang berdampak pada kesehatan. 

Tanpa disadari, dalam botol atau bahan plastik yang digunakan sebagai kemasan air minum kebanyakan mengandung bisphenol A (BPA). Bahan kimia tersebut disinyalir dapat berefek negatif bagi kesehatan. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kemasan BPA free dalam produk yang kamu beli. Sebenarnya, apa itu BPA free dan bagaimana kriterianya? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini. 

Apa Itu BPA? 

pexels.com/Karolina Grabowska

Sebelum membahas mengenai kemasan BPA free, perlu kamu ketahui lebih dulu mengenai apa itu BPA. Melansir dari Mayoclinic, BPA adalah singkatan dari bisphenol A, yakni bahan kimia industri yang sudah digunakan untuk membuat plastik dan resin tertentu sejak tahun 1950-an.

BPA tersebut ditemukan dalam plastik polikarbonat yang sering dipakai sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman, salah satunya adalah botol air minum. Selain itu, BPA juga ditemukan dalam resin epoksi yang dipakai untuk produk logam, seperti kaleng makanan dan tutup botol. 

Dalam beberapa penelitian, BPA tersebut bisa meresap ke dalam minuman dan makanan yang berada dalam wadah yang mengandung BPA. Oleh karena itu, paparan zat tersebut kemudian menjadi perhatian karena disinyalir bisa mengakibatkan efek kesehatan tertentu. 

Begini Efek BPA untuk Kesehatan

pexels.com/Maurício Mascaro

Mengenai efek kesehatan akibat bisphenol A, para ahli telah mengaitkannya dengan infertilitas dan masalah kesehatan lainnya. Sebagai bahan umum yang digunakan dalam kemasan makanan, kandungan BPA dalam jumlah kecil dianggap aman menurut Food and Drug Administration (FDA). 

Melansir dari MedicalNewsToday, BPA bisa meniru hormon tubuh dan mengganggu reproduksi, respons, atau aksi hormon alami. Misalnya, zat tersebut bisa berperilaku mirip dengan hormon estrogen yang berguna untuk perkembangan seksual bagi wanita. 

Selain itu, temuan menunjukkan bahwa paparan BPA bisa memengaruhi pematangan sel telur manusia. BPA tersebut dapat mengganggu fungsi endokrin yang berakibat memengaruhi masa pubertas dan ovulasi hingga kemandulan.

Paparan BPA juga dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes tipe 2, sampai kanker payudara dan prostat. Jadi-alih-alih menerima risiko tersebut dalam jangka panjang, orang-orang kemudian lebih jeli untuk memilih kemasan BPA free.

Apa Itu BPA Free?

pexels.com/Steve Johnson

Kemasan BPA free artinya produk tersebut berlabel bebas BPA yang tidak mengandung bahan kimia seperti disebutkan di atas. Ada berbagai cara untuk menentukan apakah kemasan yang kamu pakai bebas BPA.

Dengan mudah, kamu bisa melihat nomor yang tertera pada produk wadah plastik yang BPA free. Apabila jenis wadah plastik tersebut memiliki label 1,2,5, maka kemasan tersebut dianggap bebas BPA. Sementara itu, kemasan plastik yang berlabel angka 7 menunjukkan kemungkinan produk tersebut mengandung BPA.

Pilih Kemasan BPA Free yang Baik untuk Kesehatan

Untuk mengetahui rincian apakah kemasan produk BPA free, simak nomor dan huruf di bagian wadah berikut ini. 

  1. PETE (polyethylene terephthalate) biasanya digunakan untuk botol minuman, air mineral, dan minyak goreng.
  2. HDPE (high-density polyethylene) biasanya digunakan untuk deterjen, bahan pemutih, sampo, dan sabun mandi.
  3. PVC (polivinil klorida) biasanya digunakan untuk bungkus permen, buah, dan foil.
  4. LDPE (low-density polyethylene) biasanya digunakan untuk botol yang bisa diremas atau kantong plastik dalam kemasan roti.
  5. PP (polypropylene) biasanya digunakan untuk popok, tutup botol plastik, sedotan, dan lain sebagainya.
  6. PS (polystyrene) biasanya digunakan untuk gelas styrofoam, kemasan busa, dan semacamnya.

Jadi, memilih kemasan BPA free adalah salah satu opsi yang tepat untuk mencegah efek samping kesehatan dalam jangka panjang. Nah, Cleo merupakan salah satu produk air minum yang BPA free yang aman bagi tubuh. Bukan air mineral biasa, Cleo merupakan air murni yang menggunakan teknologi nano filter yang lebih murni dari air minum kemasan lainnya. Jadi, air murni ini akan meringankan kerja ginjal dan membuatmu lebih aktif sepanjang hari. 

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel