6 Cara Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Hari

Kebutuhan cairan tubuh setiap hari harus dipenuhi. Sebab, tubuh akan mengalami dehidrasi apabila kekurangan cairan. Apalagi di musim kemarau saat ini yang cuacanya sangat panas dan membuat tubuh mudah berkeringat.

Apabila dehidrasi terjadi, maka kamu akan mengalami sakit kepala, lesu, otot terasa lemah, dan berbagai masalah lainnya. Nah, kebutuhan cairan tubuh memang berbeda-beda bergantung dengan usia, berat badan, sampai aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, cara memenuhi cairan tubuh berikut ini bisa menjadi cara agar kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi.

1. Minum apa saja yang berbahan dasar air setiap kali makan 

https://www.freepik.com/free-photo/girl-friends-having-pizza-bar-lunch-time_6640231.htm#query=eating%20and%20drinking&position=30&from_view=search&track=ais

Setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda, mulai dari 8 sampai 12 gelas per harinya. Supaya kebutuhan cairan tersebut terpenuhi, kamu bisa mengakalinya dengan minum-minuman yang berbahan dasar air, entah itu air putih, jus, ataupun susu setiap makan atau memakan kudapan. 

2. Konsumsi cairan sebelum haus 

https://www.freepik.com/free-photo/beautiful-beauty-woman-asian-cute-girl-feel-happy-drinking-clean-drink-water-good-health-morning_4550559.htm#query=drinking&position=8&from_view=search&track=sph

Tanda dari dehidrasi adalah merasa haus. Jadi, jangan tunggu sampai haus baru kamu meminum air. Kamu bisa mengidentifikasi apakah tubuh dehidrasi dengan melihat warna urin sebagai indikatornya. Urin yang berwarna kuning gelap adalah tanda kamu membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak. 

3. Ganti asupan minuman tanpa kafein sepanjang hari

https://www.freepik.com/free-photo/smiling-asian-woman-sitting-sofa-with-her-mug-drinking-coffee-home-relaxing-after-work-looking-calm-cozy_35681417.htm#query=drinking&position=12&from_view=search&track=sph

Banyak orang yang tidak bisa lepas dari minuman berkafein, entah itu kopi, teh atau soda. Kalau kamu terbiasa mengonsumsinya, lebih baik untuk menggantinya dengan minum air putih. Sebab, minuman yang berkafein dan berkohol bersihat diuretik yang meningkatkan sekresi air dan menyebabkan tubuh dehidrasi. 

4. Cobalah air rasa buah yang bebas kalori 

https://www.freepik.com/free-photo/fresh-lime-strawberry-mint-infused-water-cocktail-detox-drink-lemonade-summer-drinks-health-care-concept_6144189.htm#query=infused%20water&position=8&from_view=search&track=ais

Supaya kamu tidak bosan minum air putih, cara lainnya untuk memenuhi cairan tubuh dengan lebih mudah adalah dengan menambahkan buah rendah kalori dan mengandung tambahan vitamin di dalamnya. Namun, pastikan buah itu aman sebelum dikonsumsi, ya!

5. Tambahkan jeruk dalam air

https://www.freepik.com/free-photo/side-view-fresh-detox-water-served-with-tube-mint-orange-brown-background_14925519.htm#query=infused%20water&position=32&from_view=search&track=ais

Menambahkan irisan jeruk nipis atau lemon ke dalam air bisa meningkarkan keinginan untuk minum lebih banyak daripada biasanya. Hal itu akan membuat tubuh lebih terhidrasi dan tidak kekurangan cairan. 

6. Makan makanan berkuah 

Terakhir, cairan tubuh bukan hanya bisa didapatkan dari air minum saja. Namun, kamu bisa mendapatkannya dari sup atau makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi yang berkontribusi pada asupan cairan tubuh. 

Cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh di atas bisa kamu lakukan supaya tubuh tetap terhidrasi dan tubuh tetap sehat. Jangan sepelekan, ya!

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel