Apa Bedanya Air Murni dan Distilled Water, dan Air Biasa? 

Air memang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Senbab, setiap sel dalam tubuh membutuhkan ait untuk menghidrasi sepanjang hari. Meskipun banyak orang yang sudah tahu pentingnya air, tetapi banyak dari mereka masih bingung dengan jenis air yang baik untuk diminum. 

Kini, ada berbagai jenis air minum yang bisa ditemukan, di antaranya adalah air murni, distilled water atau air suling, dan air biasa. Nah, pada artikel ini, akan dibahas perbedaan antara ketiganya dan mana yang menjadi opsi terbaik untuk diminum sehari-hari. 

1. Apa itu air murni

Air murni merupakan air yang telah disaring dan melalui proses untuk menghilangkan kontaminan dan kotoran di dalamnya. Biasanya, air murni ini diambil dari air tanah atau air ledeng sehingga perlu penyaringan untuk menghilangkan berbagai jenis kotoran. Kotoran atau kontaminan yang dimaksud itu misalnya adlah bakteri, alga, jamur, parasit, logam, dan polutan kimia. Proses penyaringan air murni pun berbeda-beda berganting pada kualitas airnya. Air jenis ini aman untuk dikonsumsi manusia karena kontaminannya yang sudah dihilangkan. 

2. Apa itu distilled water 

Lalu, apa bedanya air murni dengan distilled water atau air suling? Pada dasarnya, distilled water adalah salah satu jenis air murni. Namun, air tersebut sudah melalui proses penyulingan untuk menghilangkan kotoran yang dikandungnya. Distilasi dilakukan dengan cara mendidihkan air dan mengumpulkan uap untuk kemudian kembali menjadi air saat sudah dingin. Proses tersebut cukup efektif untuk menghilangkan kontaminan, misalnya bakteri, virus, sampai bahan kimia. Namun, karena air suling sangat murni, biasanya air jenis ini digunakan untuk medis dan laboratorium. Namun, beberapa orang juga tetap mengonsumsinya karea memang bebas kontaminan. 

3. Air biasa 

freepik.com
freepik.com

Pada kebanyakan wilayah negara maju, sumber air minum utama seperti air ledeng aman karena batas kontaminannya yang telah ditetapkan. Tapi di negara berkembang, besar kemungkinan kemungkinan air tersebut terkontaminasi dari aktivitas manusia atau pun sumber alam. 

Maka dari itu, karena kondisi sanitasi yang kurang baik, memilih air murni sebagai air minum menjadi pilihan yang aman. Kini, sudah banyak sistem pemurnian yang tersedia, seperti reverse osmosis, distilasi, dan sebagainya.

Akses air minum bersih seperti air murni memang sangat penting. Oleh karena itu, untuk menghindari kontaminan yang mungkin terkandung di dalamnya, sebaiknya pilih air minum murni seperti Cleo Pure Water.

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel