Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Secara Alami yang Ampuh

Gigi yang berlubang bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat tidak nyaman. Bahkan, sakit gigi itu bisa membuat kita sulit untuk bekerja, makan, bahkan saat tidur. Aktivitas sehari hari pun menjadi terganggu jika dibiarkan begitu saja.

Langkah yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini tentu saja adalah dengan menemui dokter gigi dan melakukan tindakan menambal gigi. Namun, jika keadaan belum memungkinkan, sementara kamu bisa mengatasi sakit gigi berlubang secara alami dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Berkumur dengan air garam hangat

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan berkumur dengan air garam yang hangat. Air garam memang menjadi desinfektan alami yang bisa melonggarkan partikel makanan dan kotoran di sela-sela gigi. Air garam juga bisa mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka, lho. Kamu cukup mencampurkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat untuk digunakan sebagai obat kumur.

2. Gunakan minyak cengkih

Cengkih sudah menjadi obat sakit gigi sejak dulu kala. Minyak ini bisa menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan secara efektif. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan eugenol yang merupakan antiseptik alami. Cara menggunakannya, kamu bisa mengoleskan minyak cengkih ke bola kapas lalu oleskan ke area yang sakit atau dengan meneteskannya ke dalam air untuk berkumur.

3. Kompres dingin

Kompres dengan air dingin juga bisa meredakan nyeri sakit gigi. Terutama jika sakit gigi yang kamu alami adalah karena trauma. Sebab, mengompres air dingin bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit di area tersebut dan meredakan rasa sakitnya. Rasa dinginnya juga mengurangi pembengkakan maupun peradangan.

4. Daun jambu biji

Kalau kamu punya pohon jambu biji, ambil daunnya untuk mengobati rasa sakit gigi yang kamu alami. Daun jambu biji memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang membantu perawatan mulutmu. Untuk menggunakannya, kunyah daun jambu biji atau hancurkan daunnya dan campurkan dengan air untuk obat kumur.

5. Bawang putih

Terakhir, bawang putih juga dikenal sebagai obat antibakteri. Bukan hanya bisa membunuh bakteri yang berbahaya, tetapi bawang putih juga berperan untuk pereda nyeri. Kamu bisa menghancurkan satu siung bawang putih dan buat pasta lalu oleskan ke area yang sakit.

Itulah beberapa cara mengatasi sakit gigi berlubang secara alami yang ampuh. Beberapa bahan alami di atas bisa kamu campurkan dengan air murni agar bisa memberikan hasil maksimal. Pilihlah Cleo Pure Water untuk mengatasi sakit gigi supaya lekas membaik, ya!

logo-tanobel-white-w500
PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel