Kenali Ciri-Ciri Air Galon BPA Free dan Non-BPA Free

Air minum menjadi salah satu kebutuhan primer kehidupan setiap orang, untuk bekerja, berolahraga dan juga beraktifitas sehari-hari. 

Maka pastikan bahwa air minum yang Anda gunakan sudah memiliki label BPA Free, demi kesehatan keluarga, saudara, teman-teman dan diri Anda sendiri tentunya. 

Berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan air galon BPA Free dan Non-BPA Free. 

Perhatikan Warna Galon Airnya

Sebelum membeli galon air, perhatikan terlebih dahulu warna galonnya. Galon yang dengan warna lebih gelap cenderung mengandung BPA. 

Kandungan BPA terbuat dari bahan polikarbonat yang memberikan nuansa warna lebih gelap dan memiliki ciri bahan yang lebih keras. Polikarbonat juga bisa mencemarkan BPA ke cairan yang tersentuh langsung dengan bahan ini. 

Maka berhati-hati dengan ciri khas galon air yang keras dan memiliki nuansa warna yang gelap. 

Lain halnya dengan galon yang bebas BPA Free memiliki warna yang lebih bening dan terbuat dari bahan yang disebut PET atau Polyethylene Theraphalate. 

Perhatikan Kode di Bawah Galon

Sebelum membeli, Anda bisa mengecek kode di bawah galon. Kode dibawah galon umumnya berbentuk segitiga dengan kode angka di tengahnya. 

Kode angka 1, 2, 4 dan 5 berarti aman dari kandungan BPA sedangkan untuk kode angka 7 maka memiliki potensi untuk mengandung BPA. Berikut adalah penjelasan mengenai kode angka tersebut. 

  • Kode 1, PET / PETE (Polyethylene Terephthalate)
  • Kode 2, HDPE (High Density Polyethylene)
  • Kode 3, PVC (Polyvinyl Chloride) 
  • Kode 4, LDPE (Low Density Polyethylene)
  • Kode 5, PP (Polypropylene)
  • Kode 6, PS (Polystyrene)
  • Kode 7, Other (Lain-lain)

Kemasan plastik dengan kode angka 1 umumnya lebih kuat dan tidak mudah mencemari air. 

Ketahanan pada Suhu Tinggi

Jenis plastik dengan kode 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 dapat menjadi lunak jika terkena panas hingga mencapai 70-140 derajat celcius. 

Berbeda dengan plastik polikarbonat (PC) relatif stabil terhadap pemanasan dan baru melunak secara bertahap pada suhu sekitar 150 derajat celcius.

Bahaya BPA pada Tubuh

Setelah mengetahui ciri-ciri air galon yang BPA Free maka Anda harus mengetahui juga bahaya apa yang dapat diberikan pada air yang mengandung BPA. 

Bahaya ini bisa saja terkena di keluarga Anda, teman-teman Anda ataupun orang-orang di kantor Anda. Maka mari kita jaga sama-sama konsumsi air mineral kita. 

Berikut ini beberapa dampak buruk yang disebabkan oleh BPA. 

  • Kemandulan 
  • Obesitas
  • Jantung
  • Diabetes
  • Kelainan pada Perkembangan Otak Janin

Manfaat Konsumsi Air Galon BPA Free

Setelah mengetahui efek negatifnya, Segera ganti air galon Anda, jika memang berpotensi mengandung BPA dan ganti dengan air galon dengan label BPA Free

Terdapat juga manfaat dalam mengkonsumsi air galon BPA Free-nya. 

Berikut ini adalah manfaat untuk Anda dan sekitar Anda. 

  • Membuat Tubuh agar Lebih Fit dalam Beraktifitas
  • Menjaga Kesehatan Otak
  • Ramah Lingkungan

Maka berhati-hatilah terhadap produk makanan atau minuman yang dikemas dengan plastik ataupun kaleng yang sering Anda konsumsi. 

Pastikan selalu bahwa Anda sudah melakukan pengecekan pada kemasan plastiknya dan memang sudah ada label kemasan BPA Free-nya. 

Jangan sampai hanya perkara air minum saja, Anda mendapatkan dampak buruk  dari penggunaan kemasan plastik yang mengandung zat Bisphenol A atau BPA. 

Gunakan produk air galon Cleo yang sudah memiliki label BPA Free dan tentunya memberikan manfaat kebaikan untuk Anda dan orang-orang di sekitar Anda. 

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel