Ketahui Apa Itu BPA Free dan Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh

BPA free menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh siapapun yang peduli dengan keamanan dan kesehatan tubuh. Terutama, bagi yang akrab mengonsumsi makanan dan minuman dari wadah atau kemasan. 

Sayangnya, masih banyak yang belum tahu mengenai hal ini. Kalau Anda salah satu yang belum memahaminya, artikel ini akan memberikan bantuan dengan ringkas dan jelas. 

Anda akan mendapatkan info seputar apa itu BPA free, bagaimana manfaat menggunakan produknya, serta apa yang bisa Anda lakukan untuk menyikapinya.

Apa yang Dimaksud BPA Free?

BPA Free adalah sebuah istilah yang merupakan singkatan dari Bisphenol A. Merujuk Kamus Merriam Webster, Bisphenol A adalah sebutan bagi senyawa kimia industri yang menjadi komponen (terutama) dalam pembuatan plastik keras dan resin epoksi.

Meskipun senyawa ini mungkin asing di telinga Anda, tapi bisa jadi Anda akrab dengan benda-benda yang menggunakannya sebagai bahan.

Sejak tahun 1960, BPA sudah populer sebagai senyawa penting dalam pembuatan botol bayi, galon, tempat minum wadah makanan, dan berbagai produk kebersihan. Fungsinya sendiri untuk memberi efek mengeraskan pada tekstur produk tersebut.

Mulanya, BPA tidak menjadi persoalan. Senyawa ini bahkan menjadi favorit di dunia industri.

Hingga pada tahun 2012, FDA (Food and Drug Administration) yang merupakan lembaga kesehatan di Amerika Serikat mengeluarkan sebuah keputusan. Saat itu, FDA menerapkan larangan penggunaan BPA dalam produk botol bayi dan cangkir sippy.

Selanjutnya, orang-orang mulai menaruh kekhawatiran terhadap produk yang mengandung BPA. Faktanya, meskipun anak-anak lebih rentan terhadap risiko BPA, senyawa ini juga punya potensi merusak kesehatan orang dewasa. Dampak BPA Free bagi Kesehatan

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di National Health Medicine pada 2015, terbukti bahwa paparan BPA dalam tubuh memicu sejumlah risiko medis yang berpotensi manusia alami. Baik bagi pria, maupun wanita.

Dengan demikian, memastikan berbagai produk yang Anda gunakan masuk dalam kategori BPA free akan memberikan rasa aman. 

Setidaknya, ada beberapa manfaat BPA free yang bisa Anda dapatkan. Baik dalam jangka pendek, maupun jangka panjang.

1. Melindungi Otak dan Perilaku Anak

National Toxicology Program yang merupakan bagian dari FDA mengungkapkan bahwa BPA yang masuk ke dalam berbahaya bagi otak. Selain itu, ada juga potensi berefek pada pembentukan kebiasaan perilaku bayi dan anak kecil.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Dalam riset yang diujikan terhadap orang dewasa, terungkap fakta bahwa semakin tinggi kadar BPA dalam tubuhnya, semakin tinggi juga risiko penyakit jantung. 

Memang, masih sangat mungkin penyakit jantung muncul akibat dari sebab lain. Hanya saja, fakta tersebut juga tetap penting Anda perhatikan sebagai langkah proteksi.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Sebagaimana kami kutip dari WebMD, terdapat sejumlah penelitian dengan objek uji hewan yang membuktikan adanya hubungan BPA dengan peningkatan risiko kanker. Meski masih memerlukan pembuktian lanjutan, tapi ini tetap perlu jadi perhatian.

4. Mencegah Obesitas

Dalam International Journal of Environmental Research and Public Health yang terbit pada 2019, terdapat riset yang menyimpulkan hubungan BPA dan obesitas. Hasil studi tersebut menyebut bahwa paparan BPA meningkatkan risiko obesitas, khususnya terhadap anak-anak.

5. Mengamankan Kinerja Hormon

Sebagian ahli percaya, BPA yang masuk ke dalam tubuh bisa mengganggu kinerja hormon. Baik dari sisi kadar maupun perkembangannya. Efek gangguan ini dapat menyerang janin, bayi, hingga anak-anak. 

Secara umum, dampak bahaya yang paparan BPA berikan resikonya lebih banyak terhadap bayi dan anak-anak kecil. Hal ini karena tubuh mereka masih dalam tahap perkembangan dan kurang efisien menetralisir racun seperti BPA yang masuk ke dalam tubuh.

Meskipun demikian, Anda tak boleh menutup mata. Faktanya, orang dewasa juga tak luput dari bahaya paparan BPA meski resikonya lebih kecil.

Cleo Water, Solusi Galon BPA Free!

Kalau sudah tahu bahayanya, kini Anda perlu menemukan solusinya. Salah satu produk yang berpotensi mengandung BPA dan dampaknya bisa meluas ke keluarga adalah botol galon air minum. 

Dalam sehari, Anda pasti minum air putih berkali-kali. Benar bukan? Kegiatan yang menyehatkan ini bisa menjadi petaka jika Anda tidak dapat memilih produk yang tepat. 

Anda perlu tahu, sebagian botol minum seperti galon masih menggunakan BPA sebagai bahan yang mengeraskan produknya. Namun, tidak dengan Cleo. Semua kemasan air murni Cleo terjamin bebas dari senyawa BPA dalam proses pembuatannya.

Jadi, Anda tak perlu khawatir dengan berbagai risiko medis yang sudah kami sebutkan apalagi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga menganjurkan untuk menggunakan produk BPA free. Semuanya bisa Anda minimalisir dengan memilih Cleo sebagai brand air murni pilihan dalam rutinitas harian.

Percayalah, tidak ada kata terlambat untuk berubah. Kalau selama ini Anda sudah akrab dengan paparan BPA, kini waktu yang tepat untuk berubah! Pastikan untuk selalu menggunakan produk BPA free dan dapatkan berbagai manfaatnya untuk tubuh!

Kalau Anda merasa terbantu dengan informasi dalam artikel ini, jangan lupa bagikan ke orang-orang terdekat!

logo-tanobel-white-w500
PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2022 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel