Perbedaan BPA Free dan Konvensional Pada Produk Sehari-Hari

Kamu mungkin sering menjumpai di toko atau supermarket produk yang memiliki klaim BPA Free. Namun, apakah kamu benar-benar tahu apa arti klaim tersebut? Ya, arti dari BPA Free adalah bahwa produk tersebut tidak mengandung bisphenol A. Bisphenol A merupakan bahan kimia yang bisa berbahaya untuk tubuh.

Namun, tidak semua produk mencantumkan klaim BPA Free sehingga kita perlu mencari tahu sendiri apakah kemasan atau produk tersebut benar-benar bebas dari BPA. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat beberapa perbedaan antara produk BPA Free dan yang konvensional berikut ini.

1. Nomor plastik

https://www.freepik.com/free-photo/flat-lay-plastic-bottles-blue-background_27830249.htm#query=plastic%20bottle&position=13&from_view=search&track=ais

Pertama, kamu bisa melihat apakah sebuah kemasan atau produk BPA Free dari kemasannya. Apabila dalam kemasan plastik tertulis kode 1,2,4,5, maka berarti kemasan tersebut aman dari BPA. Plastik dengan kode tersebut juga tidak mudah meleleh. 

Sementara kemasan plastik dengan kode 3, 6, dan 7 cenderung tidak direkomendasikan untuk makanan karena bisa jadi mengandung BPA. Meskipun food grade, tetapi kemasan tersebt tidak food safe karena tidak tahan panas. Dengan memahami label kemasan, kamu bisa menggunakan kemasan dan memilih produk dengan lebih bijak. 

2. Produk

https://www.freepik.com/free-photo/portrait-smiling-young-woman-holding-thermos_7026699.htm#query=stainless%20steel%20bottke&position=6&from_view=search&track=ais

Selain itu, produk dengan kandungan BPA biasa ditemukan pada wadah makanan, botol minum, piring, atau alat makan plastik sampai dot. Tak hanya itu saja, pakaian olahraga berbahan polyester pun masih banyak yang mengandung BPA. 

Maka dari itu, kamu perlu mencari produk dengan label BPA Free atau Bebas BPA untuk memastikan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan. Selain itu, memilih untuk menggunakan alat bebas plastik, seperti memakai botol minum dari stainless steel adalah pilihan yang tepat. Untuk pakaian, pilihlah pakaian yang terbuat dari serat alami. 

3. Risiko

https://www.freepik.com/free-photo/morning-sickness-young-pregnant-woman-sitting-bed-covering-her-mouth-feeling-nauseous-during-pregnancy-woman-white-pajamas-suffering-from-acid-reflux-while-wake-up-her-bed-morning_14625968.htm#query=cardiovascular&position=5&from_view=search&track=sph

Perbedaan risiko kesehatan antara orang yang menggunakan produk dengan BPA Free dengan yang tidak tentu saja berbeda. Mereka yang memilih produk BPA Free akan lebih rendah terkena risiko penyakit akibat BPA. 

Risiko kesehatan yang diakibatkan dari zat kimia tersebut di antaranya bisa menghambat pertumbuhan fisik pada anak anak, mengganggu keseimbangkan hormonal orang dewasa, sampai menyebabkan penyakit kardiovaskular dan gangguan kesuburan. 

Setelah melihat perbedaan antara BPA Free dan konvensional, alangkah lebih baik untuk memilih produk dengan klaim BPA Free. Hal itu akan mencegah berbagai risiko kesehatan yang bisa fatal. Salah satunya dengan memilih air galon BPA Free dari Cleo Air Murni yang praktis dan tentunya menyehatkan. 

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel