4 Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan Secara Alami, Mudah!

Pernahkah kamu mengalami gangguan pencernaan? Ya, gangguan pencernaan memang sering kali terjadi. penyebabnya adalah karena makanan maupun yang lainnya. Biasanya, gejala gangguan pencernaan yang muncul adalah kram perut. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi gangguan pencernaan secara alami yang bisa kamu lakukan.

1. Perbanyak konsumsi serat

Serat memang sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Sebab, serat larut bisa menyerap air dan membantu saluran pencernaan bekerja dengan baik. Makanan berserat yang bisa kamu konsumsi itu adalah oat, kacang kacangan, sampai sayuran. Prebiotik juga jenis serat lain yang bisa memberi makan bakteri sehat pada usus. Kamu bisa menemukannya dalam buah buahan dan sayuran.

2. Makan dengan penuh perhatian

Jika diburu waktu, banyak orang kemudian makan terlalu cepat hingga menyebabkan kembung atau gangguan pencernaan lainnya. Nah, makan dengan penuh perhatian adalah salah satu cara untuk mencegah gangguan pencernaan itu. Penelitian juga menunjukkan bahwa kewaspadaan bisa mengurangi gejala gangguan pencernaan. Caranya, makan secara perlahan, jangan fokus pada TV atau ponsel, dan makan secara sadar setiap gigitannya.

3. Kunyah makanan

Banyak yang menyepelekan hal yang satu ini, padahal pencernaan bisa dimulai dari mulut. Gigi bisa memecah makanan menjadi potongan kecil sehingga enzim di saluran pencernaan mampu memecahnya. Di sisi lain, mengunyah yang buruk dikaitkan dengan penurunan penyerapan nutrisi untuk tubuh. Saat mengunyah secara menyeluruh, perut bisa bekerja lebih ringan. Mengunyah juga menghasilkan air liur yang membantu proses pencernaan. Bahkan, mengunyah juga terbukti mengurangi stres, loh!

4. Tetap terhidrasi

Terakhir dan yang paling penting, jaga agar tubuh tetap terhidrasi sehingga mencegah dari gangguan pencernaan. Sebab, asupan cairan yang rendah menjadi penyebab umum sembelit. Para ahli merekomendasikan untuk minum air putih yang banyak untuk memastikan tubuh mendapatkan cairan sebagai tambahan gula dan kalori. Minumlah air putih yang murni seperti Cleo Pure Water yang tidak mengandung mineral anorganik. Hal itu akan membuat tubuh menjadi lebih ringan dan terhindar dari gangguan pencernaan.

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel