7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami, Napas Lebih Segar!

Masalah bau mulut merupakan hal yang perlu diperhatikan. Jika dibiarkan, masalah itu bukan hanya mengganggu kenyamanan diri sendiri, tetapi juga orang lain. Sebab, tidak semua orang yang memiliki masalah bau mulut menyadarinya.

Biasanya, bau mulut berasal dari bakteri sisa makanan yang tersangkut di gigi. Bakteri itu tumbuh dan melepaskan senyawa belerang yang berbau busuk. Selain itu, makanan tertentu seperti bawang putih dan bawang merah juga lebih sering menyebabkan bau mulut.

Oleh karena penyebabnya yang bisa berbeda beda, ada banyak cara untuk mengatasi bau mulut menggunakan bahan alami yang bisa kamu coba.

1. Air putih

Pada dasarnya, mulut memiliki bakteri alami yang bisa melindungi gigi. Namun, ada pula bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan bau busuk dan penumpukan karang gigi.  Apabila mulut kering, napas juga menjadi lebih buruk dan membuat bakteri berkembang biak. 

Nah, cara mengatasi yang paling mudah adalah dengan sering minum air putih. Minum air putih selain mendorong produksi air liur juga membantu sisa makanan yang ada dalam mulut menjadi bersih sehingga tidak ada lagi sisa makanan yang bisa menimbulkan bakteri.  Pilihlah air putih yang murni seperti Cleo Air Murni agar tidak meninggalkan mineral anorganik di dalam tubuh.

2. Jeruk

https://www.freepik.com/free-photo/cut-orange-parts-whole-fruit-with-green-leaves_8132443.htm#query=orange&position=23&from_view=search&track=sph

Kamu mungkin sering mengonsumsinya sebagai makanan penutup yang dikenal menyehatkan. Ternyata, buah satu ini juga bisa meningkatkan kesehatan gigi, lho. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan vitamin C di dalam jeruk membantu meningkatkan produksi air liur dan membantu menghilangkan bau mulut. Itu akan sangat membantu mengingat banyak orang mengalami bau mulut karena tidak memiliki cukup air liur untuk menghilangkan bakteri busuk.

3. Jus nanas

https://www.freepik.com/free-photo/fresh-pineapple-dark-wooden-surface_13807305.htm#query=nanas&position=3&from_view=search&track=sph

Salah satu bahan untuk mengatasi bau mulut yang banyak dipercaya adalah jus nanas. Meskipun belum ada bukti ilmiah tentang ini, tetapi banyak orang yang mencobanya dan berhasil. Caranya, minum segelas jus nanas setiap habis makan atau kunyah nanas selama satu sampai dua menit. Setelah itu, jangan lupa bilas mulut dari gula jus nanas yang tersisa. 

4. Yoghurt 

https://www.freepik.com/free-photo/bowl-with-yogurt-gauze_1690841.htm#query=yoghurt&position=49&from_view=search&track=sph

Yoghurt memiliki kandungan lactobacillus yang merupakan bakteri sehat. Bakteri tersebut bisa memerangi bakteri jahat di berbagai bagian tubuh. Penelitian juga menunjukkan kalau makanan ini membantu mengurangi bau mulut secara perlahan. Maka, kamu bisa mengonsumsi setiap porsinya satu kali per hari untuk melawan bau mulut. 

5. Susu

https://www.freepik.com/free-photo/bottles-fresh-milk-with-american-cookies_5101858.htm#query=milk&position=0&from_view=search&track=sph

Tak banyak yang menyangka, ternyata susu bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi bau mulut. Penelitian menunjukkan kalau minum susu setelah makan bawang putih bisa memperbaiki bau mulut yang berbau bawang secara signifikan. Caranya, kamu bisa meminum segelas susu setelah makan makanan yang berbau menyengat, misalnya bawang putih atau bawang bombai. 

6. Teh hijau

https://www.freepik.com/free-photo/hot-green-tea-is-poured-from-teapot-into-blue-bowl_10471153.htm#query=green%20tea&position=2&from_view=search&track=ais

Jenis minuman lainnya yang efektif untuk bau mulut adalah teh hijau. Teh hijau efektif mengatasi bau mulut karena memiliki sifat desinfektan dan penghilang bau yang menyegarkan napas. Selain teh hijau, mint juga mempunyai efek yang serupa, jadi kamu bisa mencampurkannya dengan daun mint untuk menyegarkan napas.

7. Apel

https://www.freepik.com/free-photo/apple-red-mellow-juicy-fresh-ripe-half-cut-isolated_7916407.htm#query=apple&position=3&from_view=search&track=sph

Apel juga memiliki efek kuat melawan bau mulut karena bawang putih. Sebab, senyawa di dalamnya bisa menetralisir senyawa berbau busuk dalam bawang putih. 

Macam macam bahan alami di atas bisa kamu gunakan untuk mengatasi bau mulut. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan di atas secara rutin dan tetap jaga kebersihan gigi. Semoga membantu!

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel