Apakah BROMAT Berbahaya Bagi Tubuh? Ini Fakta Senyawa yang Ada Dalam Air Minum Tersebut

Beberapa waktu belakangan ini, isu kandungan bromat dalam air minum membuat konsumen menjadi lebih khawatir. Pasalnya, Bromat diisukan sebagai senyawa yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

Lalu, apa sebenarnya Bromat? Apakah senyawa tersebut benar berbahaya bagi tubuh?

Penjelasan Tentang Bromat

Melansir Kompas, Bromat adalah senyawa kimia yang terbentuk di dalam air selama proses ozonisasi ketika terdapat ion bromida, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bromat terbentuk ketika air melalui proses ozonisasi yang bermanfaat untuk menghilangkan bau, rasa, dan warna pada air sehingga membuatnya lebih murni.

Cleo Pure Water

Hal senada juga disampaikan oleh Peneliti Pusat Penelitian Kimia Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Joddy Arya Laksmono.

Menurut pernyataan Joddy, air minum yang berasal dari sumber alami mengandung berbagai jenis mineral dalam bentuk garam yang kemudian terionisasi menjadi ion-ion dan terkandung dalam air mineral alami tersebut. Termasuk di dalamnya adalah Bromat.

Joddy menambahkan, air yang mengandung Bromat dapat diproses melalui metode Reverse Osmosis untuk menghilangkan 93-96 persen ion Bromat dari air minum.

WHO memberikan batasan kandungan Bromat dalam air minum agar tidak melebihi 0.01 mg/l (miligram per liter).

Lalu, apa efek samping seseorang yang mengonsumsi air minnum dengan kandungan Bromat cukup tinggi? Mereka bisa mengalami mual, muntah, dan diare. 

Perlu dicatat, efek ini bisa saja terjadi jika air minum tersebut dikonsumsi dalam jumlah berlebih dan tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Fakta senyawa BROMAT yang ada dalam air minum.

Sementara itu, Cleo termasuk dalam perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) telah merilis hasil uji kandungan Bromat dalam produk mereka.

Hasilnya, Cleo menjadi air minum yang memiliki kadar Bromat rendah yakni, 0,4 ppb atau 0,4 mikrogram per liter.

Cleo Air Murni diproses dengan teknologi Nano Filter hingga 0,0001 micron, sehingga bebas dari mineral anorganic yang tidak diperlukan tubuh. Jadi, tentu saja Cleo Air Murni lebih sehat dari produk lainnya.

Selain terbebas dari mineral anorganic, Cleo juga sudah mendapat sertifikasi BPA Free dan aman dari BROMAT.

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel