Hindari Gagal Ginjal Akut, Ini 5 Manfaat Air Putih Murni untuk Kesehatan Ginjal

Belum lama ini, publik dihebohkan dengan kasus gagal ginjal akut pada anak. Hal itu terjadi pada  anak usia 6 bulan sampai 18 tahun karena terpapar senyawa kimia berbahaya dari obat sirop yang diminum. 

Oleh karena munculnya kasus tersebut, kebutuhan cairan tubuh pada anak harus dipenuhi dengan minum air. Sebab, manfaat air putih sangat penting untuk kesehatan ginjal. Namun, mengonsumsi air minum biasa tanpa melalui proses penyaringan juga bisa membahayakan tubuh. 

Seperti pada studi yang telah diumumkan beberapa waktu lalu, hampir 70 persen dari 20.000 sumber air minum rumah tangga yang diuji di Indonesia tercemar limbah tinja menurut Unicef.

Pencemaran tersebut bisa menyebabkan penyakit diare yang bisa berakibat fatal, apalagi untuk balita. 

Itulah sebabnya masyarakat perlu mencari sumber air putih murni yang sudah melalui proses penyaringan untuk menghilangkan kontaminan di dalamnya. Salah satu produk air murni yang tersedia di Indonesia adalah Cleo Pure Water. 

Apa itu air murni?

Air murni merupakan air yang sudah melewati proses penyaringan berteknologi tinggi sehingga aman dikonsumsi. Contoh merek air murni di Indonesia adalah Cleo Pure Water. Cleo menghasilkan air murni melalui teknologi penyaringan canggih dengan membran sangat tipis. 

Penyaringan tersebut mampu menghilangkan mineral anorganik yang berbahaya untuk tubuh hingga 20 kali lebih murni. Itulah mengapa air murni ini disebut juga air demineral. 

Melansir dari Kidneyresearchuk, NHS merekomendasikan wanita harus minum delapan gelas 200 ml dan pria harus minum sepuluh gelas 200 ml per hari. Namun, hal itu berbeda-beda bergantung dengan berbagai faktor. Faktor tersebut di antaranya adalah jenis olahraga yang dilakukan, kondisi cuaca, kondisi hamil atau menyusui, serta penyakit. 

Namun, banyak orang yang masih menyepelekan konsumsi air minum yang cukup sehingga banyak dari mereka terdiagnosa gagal ginjal karena dehidrasi. Padahal, air sangat penting untuk kesehatan ginjal dan juga organ lainnya mengingat tubuh manusia sekitar 60-70 persen terdiri dari air. 

Macam-macam manfaat air murni untuk kesehatan ginjal 

freepik.com

Jika kamu sudah mengonsumsi dalam jumlah yang cukup, berikut adalah beberapa manfaatnya untuk kesehatan ginjal yang bisa kamu dapatkan.

  1. Minum air murni dapat mencegah gagal ginjal 

Melansir dari Midtownnephrology, banyak pasien yang mengalami masalah ginjal dan harus dialisis karena dehidrasi parah. Sebab, ketika seseorang tidak memiliki cukup air, maka  ginjal seolah-olah akan mengalami dehidrasi. Kondisi tersebut disebut dengan azotemia prarenal. Nah, jika asupan air tidak teratasi, maka azotemia prarenal itu bisa berkembang dan menjadi penyebab gagal ginjal. Jadi, dari ciri-ciri ginjal kurang air putih di atas bisa disimpulkan bahwa air murni bisa membantu mencegah gagal ginjal. 

  1. Minum air murni bisa membantu mencegah batu ginjal
    Manfaat air putih murni lainnya adalah bisa mencegah batu ginjal. Faktor risiko utama berkembangnya batu ginjal adalah karena tidak cukup air atau ehidrasi. Sebab, ciri-ciri ginjal kurang air putih dan berkembang menjadi batu ginjal adalah saat urine menjadi sangat pekat. Jika partikel padat dalam urin tersebut saling menempel, maka hal itu akan berkembang menjadi batu ginjal yang menyakitkan dan mengerikan. Maka dari itu, salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan tetap terhidrasi dengan air minum murni. 
  1. H2O mencegah infeksi saluran kemih
    Selain menghindari penyebab gagal ginjal, air minum murni juga membantu mencegah infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih mengalami infeksi. Sebab, air membantu melarutkan antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih menjadi efektif. Air juga bisa membantu menghasilkan lebih banyak urin yang membantu membuang bakteri penyebab infeksi
  1. Minum air murni bisa menjaga tekanan darah
    Selain berkaitan dengan ginjal, minum air murni bisa membantu tekanan darah. Jika seseorang dehidrasi, maka orang tersebut bisa mengalami darah rendah atau hipotensi yang menjadi salah satu penyebab gagal ginjal pula. 
  1. Minum air murni bisa membantu penurunan berat badan
    Terakhir, manfaat air putih murni untuk kesehatan ginjal adalah karena minum air tersebut bisa menurunkan berat badan.Air akan membantu tubuh merasa kenyang lebih cepat dan mencegah makan berlebihan. Air juga tidak mengandung kalori jika dibandingkan dengan minuman manis. Jika berat badan sehat dan tidak obesitas, secara tidak langsung hal itu akan membantu mencegah gagal gijal. Sebab, obesitas merupakan salah satu faktor risiko gagal ginjal. 

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat air putih murni sangat banyak untuk kesehatan ginjal. Dehidrasi yang kronis bisa menyebabkan pembentukan kristal yang berpengaruh pada penyakit ginjal tertentu. 

Setiap orang bisa berbeda tingkat kebutuhan cairannya bergantung pada berbagai faktor. Oleh karena itu penting untuk menjaga asupan cairan dengan air yang murni seperti Cleo Pure Water. Jika kamu mengalami ciri-ciri ginjal kurang air putih seperti warna urin yang pekat atau gelap, maka banyak-banyaklah minum air putih murni. 

logo-tanobel-white-w500

Layanan Pelanggan

PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel