Kelebihan Galon BPA Free, Alternatif Lebih Sehat!

Banyak rumah tangga di Indonesia yang memilih untuk menggunakan galon air sebagai air minum sehari-hari. Pasalnya, air minum dalam kemasan galon dinilai lebih praktis. Selain itu, mayoritas galon yang beredar di Indonesia telah mengantongi label galon BPA free.

Memangnya, apa fungsi dari label BPA free pada galon? Simak penjelasan lengkap seputar BPA free dan pentingnya memilih galon yang BPA free berikut ini!

Apa Itu Galon BPA Free?

BPA atau bisphenol A telah dikenal sebagai salah satu bahan baku utama produk plastik sejak tahun 1960[1]. Bahkan, para produsen produk komersial pun sering menambahkan BPA ke dalam pembuatan produknya. Beberapa produk komersial yang umum mengandung BPA yaitu:

  • Wadah makanan 
  • Botol bayi
  • Botol minum plastik
  • Pembalut
  • Kaleng makanan
  • CD dan DVD
  • Lensa kacamata
  • Alat olahraga
  • Tambalan gigi
  • Galon air minum

Dari daftar di atas, salah satu produk komersial yang mengandung BPA adalah yang terkait dengan wadah makanan dan minuman. Sayangnya, banyak studi menemukan bahwa BPA ternyata kurang bagus untuk jadi bahan baku produk tempat menyimpan makanan atau minuman. 

Jadi, galon bpa adalah pilihan yang kurang tepat untuk tempat air minum sehari-hari. Maka dari itu, muncullah inovasi galon yang berlabel BPA free

Nah, galon dengan label BPA free menandakan bahwa galon tersebut tidak menggunakan BPA sebagai bahan baku pembuatannya. Dengan begitu, galon tersebut pasti lebih aman untuk kamu gunakan tiap hari.

Pentingnya Galon BPA Free

Banyak studi yang menyatakan bahwa BPA pada produk kontainer makanan dan minuman dapat menimbulkan efek samping pada kesehatan dalam penggunaan jangka panjang. 

Pasalnya, senyawa BPA berpotensi larut ke dalam makanan atau minuman lalu masuk ke dalam tubuh. Sedangkan, beberapa efek samping dari konsumsi BPA dilansir dari Healthline[2] yaitu:

  • Kemandulan pada pria dan wanita
  • Obesitas
  • Penyakit jantung
  • Diabetes tipe 2
  • Kelainan pada perkembangan otak janin

Selain itu, BPA dalam jumlah besar dan penggunaan jangka panjang juga bisa memicu[3] kanker payudara, kanker prostat, asma, impoten, hingga berkurangnya efektivitas kemoterapi.

Nah, karena cukup banyak dampak buruk yang terjadi akibat masuknya senyawa BPA ke dalam tubuh, para ahli menyarankan untuk menghindari pemakaian produk-produk kontainer makanan dan minuman yang mengandung BPA, termasuk galon air minum.

Jadi, tak heran jika pemakaian galon air minum berlabel BPA free wajib jadi alternatif utama. Pasalnya, jika kamu memakai galon BPA, senyawa BPA tersebut berpotensi masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang kamu konsumsi.

Kelebihan Galon yang BPA Free

Produk galon yang berlabel BPA free memiliki beberapa keunggulan jika kamu bandingkan dengan galon tanpa label BPA free. Beberapa kelebihannya yaitu:

  1. Lebih Sehat

Keunggulan utama dari galon bebas BPA adalah lebih sehat untuk tubuh daripada galon ber BPA. Dengan menggunakan galon bebas BPA, tubuh akan terhindar dari risiko terkena gangguan  kesehatan yang beragam.

  1. Lebih Ramah untuk Otak

Sebuah studi[4] menunjukkan bahwa senyawa BPA dalam tubuh dapat menekan gen tertentu sekaligus memicu gangguan perkembangan saraf tertentu. Tak hanya itu, senyawa BPA juga dapat memicu hilangnya memori dan menurunnya kapasitas belajar.

Namun, ingat bahwa hal tersebut akan terjadi jika senyawa BPA di tubuh ada dalam jumlah besar dan jangka waktu lama, ya. Meski begitu, tak ada salahnya untuk memilih galon bebas BPA untuk menghindari risiko tersebut.

  1. Lebih Baik untuk Lingkungan

Ternyata, BPA tak hanya berdampak buruk pada tubuh manusia, tapi juga pada lingkungan! Sebuah studi[5] menemukan bahwa BPA dapat meniru hormon binatang dan menyebabkan cacat hingga masalah reproduksi pada binatang air.

Nah, apabila galon ber-BPA berakhir dibuang ke TPA, otomatis senyawa BPA lama-kelamaan akan luruh dan meresap ke lingkungan setempat hingga mencemari tanah sekaligus air. Oleh karena itu, galon bebas BPA lebih ramah lingkungan.

  1. Lebih Berkualitas

Biasanya, jika suatu perusahaan berani menaruh label bebas BPA pada produk galon mereka, perusahaan tersebut bisa jadi memang peduli dan fokus pada kualitas produk. Jadi, mereka tak hanya fokus pada produksi dalam jumlah besar dengan harga serendah mungkin.

Nah, sederet kelebihan di atas adalah beberapa alasan mengapa kamu harus beralih pada galon bebas BPA mulai dari sekarang.

Jenis Bahan Galon yang BPA Free

Salah satu alternatif bahan galon air minum bebas BPA adalah bahan PET atau Polyethylene Terephthalate. PET merupakan bahan yang berupa serat sintetis yang kuat dan kaku. Biasanya, bahan ini digunakan untuk bahan produk wadah makanan atau minuman, termasuk galon air minum.

Nah, salah satu karakteristik bahan PET yaitu tidak bereaksi dengan makanan. Selain itu, bahan PET terkenal kuat, ekonomis, berkelanjutan, dan lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah merk galon BPA free sekaligus berbahan  galon PET untuk alternatif yang lebih baik.

Salah satu merek galon air murni  yang sudah BPA free adalah galon air murni Cleo. Dengan demikian, galon Cleo ini kualitasnya terjamin karena terbebas dari zat BPA serta zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Nah, itu dia sekilas informasi seputar galon BPA free, kelebihannya, sekaligus jenis bahan sebagai alternatif yang lebih baik.

logo-tanobel-white-w500
PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2022 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel