8 Cara Mencegah Risiko Diabetes, Lakukan Mulai Sekarang!

Semua orang tentu tidak ingin terkena diabetes. Namun, banyak dari mereka yang mengabaikan gaya hidupnya sehingga berisiko terkena diabetes.

Padahal, mengubah gaya hidup bisa menjadi langkah besar untuk pencegahan diabetes, lho. Tidak ada kata terlambat untuk memulai mengubah gaya hidupmu. Lakukan beberapa tips mencegah risiko diabetes ini untuk menghindarinya.

1. Makan makanan yang sehat

Kunci pertama untuk mencegah diabetes adalah dengan makan makanan yang sehat. Sebab, makanan yang kaya serat bisa meningkatkan penurunan berat badan dan menurunkan risiko diabetes. Makanan tersebut di antaranya adalah buah buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.

2. Olahraga secara teratur

Aktivitas fisik yang teratur seperti olahraga bisa membantu menurunkan gula darah, berat badan, dan menjaga gula darah tetap normal. Kamu bisa melakukan olahraga yang ringan, seperti jalan kaki dan aktivitas ringan lainnya.

3. Minum air putih

Salah satu asupan yang bisa meningkatkan risiko diabetes adalah konsumsi minuman manis. Mereka yang meminum minuman manis per hari memiliki peningkatan risiko diabetes tipe 2. Sebagai gantinya, kamu perlu meminum air putih dan membatasi minuman yang tinggi gula. Minumlah air putih yang murni seperti Cleo Pure Water yang bebas kalori dan tidak mengandung mineral anorganik.

4. Turunkan berat badan yang berlebih

Memiliki berat badan yang berlebih bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Sebab, lemak visceral yang terdapat di bagian tengah tubuh sekitar organ perut dikaitkan dengan resistensi insulin hingga diabetes tipe 2. Jadi, turunkanlah berat badan sedikit demi sedikit dengan cara yang sehat. Misalnya, kurangi konsumsi tepung, protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks.

5. Berhenti merokok

Merokok juga terbukti bisa menyebabkan kondisi kesehatan yang serius, termasuk diabetes tipe 2. Diperkirakan, merokok bisa meningkatkan resistensi insulin dan menghambat sekresi insulin.

6. Kurangi konsumsi makanan olahan

Selain tepung dan minuman manis, makanan olahan pada dasarnya juga tidak sehat. Jenis makanan ini sudah mengalami banyak pemrosesan dan sering mengandung tambahan gula maupun natrium yang tinggi. Contoh dari makanan olahan adalah sosis, keripik, frozen food, dan lain sebagainya.

7. Kurangi porsi makan

Terakhir, kurangi porsi makan sesuai dengan kebutuhanmu. Sebab, makan terlalu banyak dalam satu waktu terbukti bisa meningkatkan kadar gula darah dan insulin pada orang yang berisiko diabetes. Maka, makanlah pada porsi yang lebih kecil dan jangan lupa pilih makanan yang sehat dan bergizi.

logo-tanobel-white-w500
PT Sariguna Primatirta Tbk.
Jl. Raya A. Yani 41-43,
Kompleks Central Square Blok C-1,
Gedangan  - Sidoarjo
East Java 61254

Copyright © 2023 - CLEO . Cleo Pure Water  -  Tanobel